Sukses


Tips Anti Ribet untuk Mengecat Dinding Bata Ekspos

Jika Anda ingin mengubah tampilan desain pada interior atau eksterior rumah Anda dengan batu bata ekspos, maka simak tipsnya berikut ini.

 

Liputan6.com, Jakarta Batu bata ekspos, baik yang berwarna merah atau putih juga bisa digunakan sebagai alternatif desain interior atau eksterior dinding. Penataan batu bata yang dilapisi semen ini memberi sentuhan unfinished dan kesan rustic pada ruangan.

(Baca juga: Yuk, Kenali Ragam Bata Ekspos dan Karakternya!)

Apabila warna klasik dari batu bata terkesan membosankan atau Anda ingin memberi warna baru pada ruangan maka Anda bisa membubuhi warna cat pada permukaannya. Mengecat dinding bata ekspos tidak sulit, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Permukaannya yang berpori-pori dan cenderung tidak rata bisa membuat warna cat tidak menutupi secara sempurna. Dan jika Anda ingin mengubah tampilan desain pada interior atau eksterior rumah Anda dengan batu bata ekspos maka simak tips dari Rumah.com berikut ini.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan murah di bawah harga Rp200 juta)

  1. Jika dinding batu bata berada di luar ruangan, maka cukup membubuhi cat dengan sprai cat atau pylox. Sementara untuk batu bata yang terletak di dalam rumah, bersihkan dulu permukaan batu bata. Caranya, gosok perlahan permukaan bata dengan sikat berbulu yang dicelupkan air dan sabun.
  2. Setelah batu bata dibersihkan dengan air dan sabun, biarkan mengering. Perhatikan jika ada retak, lubang atau permukaan yang tidak rata di batu bata sebelum mengecat. Pastikan permukaannya juga rata dan sempurna sehingga bisa membantu mempercepat tugas mengecat Anda tanpa harus memperhatikan terlalu detil.
  3. Sebelum mengecat, sentuh permukaan dinding batu bata menggunakan tangan. Jika terdapat partikel pasir berwarna putih atau merah yang terlepas dari permukaan, maka rekatkan dengan cat primer yang dibuat khusus untuk batu bata. Kemudian biarkan mengering.
  4. Untuk mendapatkan tampilan akhir permukaan dinding yang halus, Anda bisa melapisi permukaan dinding batu bata. Aplikasikan dua lapis cat lateks dengan menggunakan cat rol pendek. Setelah mengering, baru mulai bubuhi lapisan cat interior dengan warna yang sesuai. Terakhir, dinding batu bata Anda nampak baru dengan sentuhan warna-warni yang unik. Selamat mencoba!

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini