Sukses


5 Langkah Bersihkan Rumah dalam Sekejap

Anda hanya memerlukan trik khusus untuk membuat kegiatan bersih-bersih rumah menjadi lebih cepat diselesaikan.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas membersihkan rumah memang menjenuhkan dan menyita waktu. Belum lagi banyak tugas lain yang menunggu untuk dikerjakan.

Tenang, Anda hanya memerlukan trik khusus untuk membuat kegiatan bersih-bersih rumah menjadi lebih cepat diselesaikan. Selain cepat, sangat membantu jika akan kedatangan tamu dadakan. Berikut triknya.

Bersihkan yang Penting

Untuk menghemat waktu, utamakan untuk membersihkan hal-hal yang penting dari hunian. Ada tiga bagian yang menjadi perhatian utama, yaitu mencuci piring, menyapu lantai, dan membereskan tempat tidur. Jika Anda dapat mengutamakan tiga hal tersebut, dijamin rumah akan terlihat lebih bersih dalam sekejap.

Bersihkan Debu

Debu di permukaan meja atau pajangan rumah biasanya mudah terlihat oleh mata. Jika Anda melewatkan hal ini, serapi apapun rumah Anda akan dipandang kotor di mata orang yang melihatnya.

Anda dapat menggunakan lap microfiber untuk mempersingkat waktu. Bahan microfiber membuat debu langsung menempel. Selain debu, dapat juga membersihkan, kotoran, minyak, kuman, dan sebagainya.

(Simak juga: Tips Menyusun Jadwal Membersihkan Rumah)

Kerjakan 10 Hal

Untuk menghemat waktu, prioritaskan untuk mengerjakan 10 hal dalam satu ruang. Misalnya pada ruang kamar Anda dapat membereskan seprai kasur, menyapu lantai, memasukkan tumpukkan setrika ke lemari, memilih baju kotor untuk dicuci, mengelap kaca meja rias, menata buku-buku di rak, dan sebagainya. Utamakan untuk mendahulukan yang benar-benar terlihat berantakan.

Demikian juga pada ruang-ruang lainnya dahulukan 10 hal utaman untuk dikerjakan. Ini akan membuat pekerjaan Anda lebih ringkas dan cepat.

Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruang yang wajib dibersihkan, meski letaknya tersembunyi. Ada cara cepat untuk membersihkan area kamar mandi. Sebelum membersihkan toilet, terlebih dulu siram cairan pembersih porselain atau keramik ke seluruh lantai kamar mandi. Diamkan selama beberapa menit.

Cairan itu akan bekerja lebih awal mengangkat kotoran sendiri sehingga dapat mengurangi tenaga Anda saat menyikat. Sambil menunggu kotoran lantai terangkat, Anda dapat membersihkan toilet, rak sabun, dan cermin terlebih dulu.

(Simak juga: Ini Pilihan Rumah di atas Rp1 Miliar)

Ambil dan Sembunyikan

Metode ini dapat Anda lakukan saat kedatangan tamu dadakan. Bersihkan ruang dan fokus pada area yang terlihat saja. Lakukan trik ‘ambil dan sembunyikan’ benda-benada yang berserakan. Simpan pada satu keranjang atau wadah lainnya.

Lalu, sembunyikan wadah tersebut pada area hunian yang tak terlihat, misalnya di bawah tangga atau di kolong tempat tidur Anda. Setelah tamu pergi, bereskan barang-brang tersebut ke tempat sesungguhnya.

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.