Sukses


10 Menit di Pagi Hari, Puasa Pun Lancar

Jika ingin pagi Anda lebih santai dan terorganisir, sisihkan waktu 10 menit sebelum tidur atau sebelum sahur. Simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering merasa terburu-buru atau tertekan ketika beraktivitas di pagi hari? Siap-siap untuk beraktivitas di tempat kerja, menyiapkan dan mengantar anak sekolah, membuat sarapan, dan lain sebagainya. Apalagi saat bulan puasa, waktu seolah makin sempit sehingga kesibukan pagi hari seolah menjadi-jadi.

(Baca juga: Tips Menata Rumah untuk Buka Puasa Bersama)

Padahal jika Anda menyisihkan waktu 10 menit sebelum tidur atau sebelum sahur untuk menyiapkan keperluan besok bisa membuat pagi hari menjadi lebih tenang dan terorganisir. Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak daftar hal yang bisa Anda lakukan di malam hari sebelum tidur atau sesudah sahur.

1. Tempat Cuci Piring yang Bersih

Tentu tidak mengenakkan bukan ketika Anda bangun di pagi hari dan melihat tumpukkan piring kotor di tempat cuci piring. Anda terpaksa menunda semua pekerjaan lain karena harus mencucinya terlebih dahulu. Periksa keadaan tempat cuci piring sebelum tidur dan setelah sahur, jika masih ada perlengkapan makan kotor cucilah dulu.

2. Pakaian untuk Besok

Memilih pakaian yang hendak digunakan juga dapat menghemat waktu Anda di pagi hari. Banyak orang yang menghabiskan waktu berlama-lama di depan lemari karena bingung memilih pakaian. Gantungkan pakaian di tempat yang mudah terlihat mulai dari atasan, bawahan, sepatu hingga tas.

3. Siapkan Tas dan Seragam Anak

Jika memiliki anak-anak yang bersekolah, tentu sudah merasakan bagaimana pagi hari terasa cepat dan Anda akan berusaha agar anak tidak terlambat tiba di sekolah. Biasakan anak Anda untuk ikut menyiapkan segala perlengkapan di malam hari sebelum tidur. Mulai dari buku yang dibawa, seragam yang dikenakan juga merencanakan bekal apa yang akan dibawa esok hari.

(Simak juga: Pilihan apartemen mulai dari harga Rp300 jutaan di sini!)

4. Siapkan Bekal

Membawa bekal memang kebiasaan yang baik, Anda pun bisa berhemat sekaligus menerapkan gaya hidup sehat. Di bulan puasa ini mungkin Anda tidak membawa bekal makan siang ke kantor, tapi tidak dengan anak-anak yang belum berpuasa atau puasa setengah hari.

Siapkan bekal untuk mereka ke sekolah saat sahur. Simpan bahan makanan yang sudah siap di dalam kulkas sehingga keesokan harinya Anda hanya perlu memanaskan atau memasaknya.

5. Minum Segelas Air

Minum air sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan juga menjaga Anda untuk tidak dehidrasi ketika tidur di malam hari. Terlebih di bulan puasa di mana tubuh Anda cenderung kurang asupan air.

Dengan minum segelas air saat bangun tidur disinyalir tubuh Anda akan menjadi lebih bugar dan bersemangat karena air dapat menstabilkan suhu di dalam tubuh.

6. Bersihkan Pikiran

Tidur yang nyenyak juga dapat membuat pagi hari Anda menjadi lebih tenang. Apakah Anda sering merasa susah tidur di malam hari? Biasakan untuk membersihkan pikiran menjelang tidur, salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan menuliskan daftar atau catatan hal-hal apa yang perlu Anda lakukan di keesokan hari, minggu ini, atau bulan ini. Anda tidak perlu melakukannya setiap malam, hanya ketika merasa susah tidur karena memikirkan hari esok.

Agar pagi Anda juga tak tergesa-gesa saat mengantar anak ke sekolah atau menuju ke tempat bekerja, opsi tinggal di apartemen yang dekat kantor atau sekolah juga bisa Anda pertimbangkan. Dan untuk aneka pilihan apartemen mulai dari harga Rp300 jutaan, simak informasinya di sini! Dan untuk aneka pilihan apartemen mulai dari harga Rp300 jutaan, simak informasinya di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.