Sukses


Saat Ramadan 5 Area ini Wajib Dibersihkan!

Rumah yang bersih tentunya bikin ibadah makin nyaman, apalagi setiap ibadah di bulan Ramadan pahalanya akan dilipatgandakan. Simak tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Setelah ditunggu-tunggu akhirnya kita, khususnya bagi Anda yang beragama Islam, kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan. Nah, kebiasaan masyarakat muslim di negara kita saat bulan Ramadhan biasanya identik melakukan penataan, perbaikan, dan bersih-bersih rumah.

(Baca juga: Tips Menata Rumah untuk Buka Puasa Bersama)

Ya, semua itu dilakukan sebagai penyambutan atas ‘tamu istimewa’ yang datang. Selain itu rumah yang bersih tentunya juga bikin ibadah makin nyaman. Apalagi setiap ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadan pahalanya akan dilipatgandakan.

Jadi bagian mana saja yang sebaiknya dibersihkan? Simak penjabaran ala Rumah.com berikut ini.

1. Area Dapur

Di bulan puasa Anda akan lebih sering beraktivitas di dapur, mulai dari mempersiapkan hidangan untuk sahur hingga persiapan untuk berbuka puasa. Banyak hidangan yang dimasak di waktu-waktu tertentu seperti di bulan Ramadhan. Anda mungkin akan membutuhkan panci kukusan berukuran besar, pisau pemotong daging atau wadah untuk minuman segar.

Bila selama ini perlengkapan tersebut hanya disimpan di dalam lemari, ini saat yang tepat untuk mulai membersihkannya. Setelah peralatan dapur, Anda bisa membersihkan bagian lain seperti kompor, lantai dapur, dan juga meja kursi yang biasa digunakan.

2. Area Kamar Mandi

Salah satu area rumah yang harus diperhatikan adalah area kamar mandi. Sebaiknya penampungan air di kamar mandi dikuras minimal seminggu sekali untuk menghindari jentik-jentik nyamuk. Gosok seluruh lantai kamar mandi. Cermin dan wastafel juga perlu dilap dan dibersihkan. Berikan pengharum ruangan agar kamar mandi terasa lebih segar.

3. Area Ruang Tamu

Ruang tamu juga akan menjadi area yang sering digunakan saat bulan Ramadhan. Area ini biasanya sering digunakan para anggota keluarga dan kerabat untuk berkumpul. Sering digunakan juga untuk makan bersama sehingga kebersihannya harus tetap dijaga.

Lap meja dengan menggunakan kain basah. Untuk sofa bersihkan dan usahakan mengganti sarung bantal, taplak meja, dan juga tirai jendela. Karpet yang digunakan juga harus dibersihkan atau di vakum jika perlu

4. Area Kamar Tidur

Bagi sebagian orang, beberapa lebih senang beribadah di dalam kamar karena terasa lebih privat sehingga bisa lebih khusuk. Selain melakukan pembersihan rutin seperti menyapu, mengepel, dan merapikan tempat tidur, ada baiknya Anda juga menyediakan alat ibadah seperti sajadah, Al-Qur’an, dan Tasbih.

Letakkan di area yang mudah dijangkau seperti di atas meja lampu di samping tempat tidur. Anda juga mungkin akan membutuhkan alarm untuk membangunkan waktu sahur.

5. Area Musholla

Jika Anda memiliki musholla atau ruangan khusus untuk sholat di rumah, maka ruangan ini perlu diberi perhatian ekstra. Bersihkan secara menyeluruh, cuci karpet, alat sholat, dan ganti dengan alat sholat lain yang sudah dicuci.

Bila Anda memiliki area wudhu, bersihkan dengan menyikat lantai untuk menghilangkan lumut. Tempat ibadah yang bersih tentunya akan membuat ibadah lebih tenang.

Atau memasuki bulan Ramadan ini Anda malah berencana punya rumah baru sehingga ketika Hari Raya nanti bisa mengajak berkumpul seluruh anggota keluarga besar Anda? Nah, rumah dengan harga mulai dari Rp500 jutaan berikut mungkin bisa Anda jadikan pilihan. Simak puluhan pilihannya di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.