Sukses


5 Cara Bikin Mandi Sempit Jadi Terasa Lega

Jika Anda memiliki ruang kmar mandi yang terbatas, bukan berarti Anda tak dapat membuatnya menjadi nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan lahan seringkali mengakibatkan hunian tak memiliki pembagian luas ruang yang proporsional. Area kamar mandi paling sering dikorbankan untuk mendapat jatah ruang lebih kecil dibanding ruang lain.

Jika Anda memiliki ruang kmar mandi yang terbatas, bukan berarti Anda tak dapat membuatnya menjadi nyaman. Kuncinya adalah tepat mengatur dan menata perabot di dalamnya sehingga kamar mandi tetap nyaman untuk digunakan. Simak tips berikut dari Rumah.com.

Stop Menambahkan Barang yang Tidak Perlu

Jika kamar mandi Anda luas, boleh saja Anda meletakkan rak majalah, stand aksesori dan sebagainya. Tapi ingatlah, menambah barang-barang tersebut ke dalam kamar mandi yang sempit akan membuat suasana semakin pengap dan tidak nyaman.

Bijaklah untuk mengisi kamar mandi dengan benda-benda yang dibutuhkan saja, seperti handuk, tisu, dan perlatan mandi. Dengan begitu ruang akan terasa lebih lapang, rapi dan teratur. Jangan pula menambahkan dekorasi besar yang tidak perlu, sehingga menmbah kesan ramai dan sesak.

Atur Pencahayaan

Spek pencahayaan sangat penting untuk membuat kesan luas pada ruangan. Gunakan cahaya lampu berwarna putih untuk memunculkan kesan luas pada kamar mandi.

Letakkan lampu pada posisi yang strategis sehingga dapat berfungsi baik membentuk pembayangan yang cantik serta ilusi ruangan menjadi terlihat luas. Ada baiknya Anda menggunakan nuansa putih untuk kamar mandi yang sempit.

Tambah Aksen

Meski sempit, aksen-aksen tambahan juga diperlukan untuk membuat kamar mandi tetap nyaman. Anda bisa menambahkan aromaterapi, lukisan kecil, atau vas bunga.

(Simak juga: Yuk, Berkebun di Kamar Mandi)

Rak Dinding

Untuk tempat penyimpanan sebaiknya buat rak ambalan yang didesain menempel ke dinding. Rak tempel akan menolong menyiasati kamar mandi yang sempit karena tidak akan mengambil space yang membuat ruang lebih sempit.

Ilusi Ruang

Buatlah ilusi ruang dengan meletakan cermin pada kamar mandi. Cermin yang digunakan bisa berbentuk apapun. Anda juga dapat menggunakan kaca transparan untuk partisi ruang basah dan kering pada kamar mandi. Partisi transparan akan menciptakan ilusi tetap luas pada ruang yang sempit.

Trik untuk kamar mandi ini cocok untuk diterapkan di apartemen. Tinggal di apartemen memiliki keuntungan dikelilingi oleh fasilitas umum yang lengkap dan akses yang mudah. Selain itu, jaraknya juga relatif dekat dengan pusat kota. Tertarik tinggal di apartemen? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp200 jutaan di sini!

Foto: freshhome.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini