Sukses


Kesal Karena Cecak Sering Nongol? Begini Cara Mengatasinya!

Tumbuk kapur barus, lalu sebarkan di area yang sering didatangi cecak. Cecak membenci aroma kapur barus.

Liputan6.com, Jakarta Memang keberadaan cecak tidak terlalu mengganggu seperti kecoa. Namun, semakin banyak cecak di rumah Anda, kotorannya pasti membuat rumah menjadi kotor.

Kotoran cecak jika menempel pada dinding rumah membuat dinding menjadi kusam dan berbau tak sedap. Agar hewan ini tak memenuhi rumah Anda, trik dari Rumah.com ini bisa Anda lakukan.

Bersihkan sudut langit-langit rumah

Nyamuk dan serangga kecil lainnya yang bisa terbang cenderung menyukai sudut rumah yang lembap, kotor, dan berdebu sebagai ruang persembunyiannya. Banyaknya nyamuk tentu akan mengundang cecak. Untuk itu, selalu bersihkan sudut langit rumah hingga tak ada lagi debu atau kotoran di sekitarnya

Gunakan kapur barus

Tumbuk kapur barus, lalu sebarkan di area yang sering didatangi cecak. Cecak membenci aroma kapur barus sehingga akan memilih menghindarinya.

Selain kapur barus, aroma lainnya yang tak disukai cecak adalah kopi dan bawang putih. Anda bisa menebarkan kopi atau bawang putih tumbuk di bagian sudut rumah.

Singkirkan makanan sisa

Jangan hanya makanan yang masih akan dimakan saja yang Anda simpan. Anda pun harus memastikan tak ada remah makanan yang tersisa di area meja dan lantai. Sisa makanan ini akan menarik cecak untuk mengejarnya sehingga memenuhi rumah Anda.

Tutup pula makanan yang ada di meja makan, termasuk buah. Buah sering menarik perhatian lalat buah yang juga disukai cecak untuk dikonsumsinya.

Selain itu, pastikan tak ada remah makanan yang bersembunyi di peralatan memasak seperti oven dan microwave—Anda harus segera membersihkannya usai digunakan.

(Simak juga: Cara Ampuh Bikin Kecoa Tak Betah di Rumah)

Pelihara kucing

Cecak cenderung menghindar jika ada kucing di rumah Anda. Pasalnya kucing hobi berburu sehingga akan mengejar cecak yang berkeliaran di rumah Anda.

Namun, agar kebersihkan rumah tetap terjaga selama ada kucing, pastikan Anda memandikan si manis ini setiap minggu dan bersihkan tempat makannya setiap selesai digunakan.

Bersihkan area kolong meja

Jangan Anda kira cecak selalu berada di sekitar dinding dan bagian atas rumah. Area kolong meja, kolong lemari, dan belakang lemari akan menjadi tempat favoritnya karena banyaknya seranggga di bagian itu. Selalu bersihkan bagian tersebut dari debu agar tak mengundang cecak.

Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini