Sukses


Aneka Ide Desain Ruang Belajar Agar Anak Makin Pintar

Buat ruangan belajar yang bukan sekedar tempat yang bikin rajin belajar namun juga sekaligus dapat mendukung daya imajinasi anak.

Liputan6.com, Jakarta Layaknya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan konsentrasi ketika mengerjakan tugas dan belajar. Apalagi jadwal pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) sudah semakin dekat.

Untuk mendukung semangat belajarnya, sebagai orangtua Anda tentu menyadari pentingnya memiliki ruangan belajar yang kondusif dan juga mumpuni sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar anak. Dan bukan sekedar ruangan yang apik untuk belajar namun juga sekaligus area yang dapat mendukung daya imajinasi mereka untuk berkreasi.

(Baca juga: Cara ini Bikin Belajar di Rumah Jadi Menyenangkan)

Untuk itu simak beberapa inspirasi tempat belajar anak seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Gaya Skandinavia

Cat ruang belajar dengan warna netral atau hitam putih lalu pilih meja belajar yang minimalis sesuai dengan prinsip gaya Skandinavia. (Image: Petitandsmall)

Desain Skandinavia akhir-akhir ini memang menjadi gaya favorit untuk menata ruang di dalam rumah. Gaya ini juga cocok untuk diaplikasikan pada ruang belajar. Caranya, cat ruang belajar dengan warna netral atau hitam putih lalu pilih meja belajar yang minimalis sesuai dengan prinsip gaya Skandinavia.

Selanjutnya, cukup tambahkan sebuah rak buku atau tempat peralatan menulis di bagian atas meja.

2. Meja Belajar Bentuk Rumah

Cara ini dapat membuat anak-anak lebih fokus dan juga bersemangat saat belajar ataupun berkreasi. Tambahkan juga pencahayaan di bagian atas meja jika dibutuhkan. (Image: Petitandsmall)

Ide inspirasi ini menarik, terutama jika Anda memiliki sepasang anak kembar atau anak-anak yang berdekatan umurnya. Siapkan meja anak yang panjang dan cukup untuk dua orang duduk bersamaan. Tutupi bagian sisi meja dengan papan dan bentuk seperti sebuah atap rumah.

Cara ini dapat membuat anak-anak lebih fokus dan juga bersemangat saat belajar ataupun berkreasi. Tambahkan juga pencahayaan di bagian atas meja jika dibutuhkan.

3. Meja Bergaya Retro

Berikan warna cerah khas anak-anak di bagian karpet ruang belajar dan tirai jendela. Pajang hasil karya anak dengan menggunakan tali di bagian atas meja. (Image: Petitandsmall)

Semua hal yang bergaya vintage tidak pernah terlihat ketinggalan jaman. Anda bisa menggunakan barang-barang lama seperti kursi dan meja yang ada di rumah. Untuk memberikan kesan modern, tambahkan juga wallpaper di sekitar meja, rak yang dapat menyimpan perlengkapan belajar.

Berikan warna cerah khas anak-anak di bagian karpet ruang belajar dan tirai jendela. Pajang hasil karya anak dengan menggunakan tali di bagian atas meja.

4. Meja Penuh Warna

Anda pun bisa menempelkan stiker papan tulis di salah satu sisi dinding untuk mencatat informasi dan tugas-tugas penting. (Image: Petitandsmall)

Ide berikut diperuntukkan bagi anak-anak yang menyukai warna cerah. Anda tidak harus mengecat seluruh bagian kamar dengan warna yang berbeda, cukup berikan ornamen seperti keranjang kayu yang sudah dicat dengan warna-warna cerah. Tambahkan juga sebuah kursi bergaya modern.

Anda pun bisa menempelkan stiker papan tulis di salah satu sisi dinding untuk mencatat informasi dan tugas-tugas penting.

5. Area Belajar Gaya Monokrom

Tunjukkan pula konsistensi saat mendesain area tersebut dengan warna monokrom. (Image: Petitandsmall)

Untuk membuat ruang atau area belajar anak tidak harus selalu menggunakan warna-warna cerah. Anda juga tetap bisa menggunakan warna monokrom seperti hitam dan putih. Tunjukkan pula konsistensi saat mendesain area tersebut dengan warna monokrom.

Anda pun bisa menambahkan elemen anak-anak seperti lukisan kartun atau sebuah bantal kecil dan lampu berbentuk bintang dengan warna hitam dan putih. (Image: Petitandsmall)

Agar suasana tidak terasa terlalu gelap dan membuat anak jadi mudah mengantuk, dominasikan meja belajar dan kursi dengan warna putih. Anda pun bisa menambahkan elemen anak-anak seperti lukisan kartun atau sebuah bantal kecil dan lampu berbentuk bintang dengan warna hitam dan putih.

Agar semangat belajarnya makin meningkat, sebisa mungkin upayakan juga agar lingkungan tempat tinggal Anda juga dapat mendukung. Katakan saja hunian yang Anda tinggali bukan di area pemukiman padat penduduk. Dan berikut adalah sejumlah opsi hunian di bawah Rp300 jutaan yang bisa Anda jadikan pilihan.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini