Sukses


Mau Punya Performa Super? 'Rapikan' Komputer!

Simak langkah-langkah ‘bersih-bersih’ komputer berikut ini sehingga kinerja Anda di kantor makin produktif, makin super!

Liputan6.com, Jakarta Ruang kerja yang rapi dan bersih memang bisa membuat Anda bekerja lebih produktif. Tapi sebaiknya bukan hanya kondisi fisik yang harus selalu diperhatikan dan selalu rutin dirapikan, melainkan juga segala ‘jeroan’ komputernya!

(Baca juga: Yuk, Cegah Stres di Kantor dengan Cara Ini)

Untuk itu simak langkah-langkah ‘bersih-bersih’ komputer dari Rumah.com berikut ini sehingga kinerja Anda makin produktif, makin super!

1. Kotak Masuk pada Email

Sebaiknya Anda tidak menyimpan lebih dari 50 pesan untuk masing-masing kotak masuk dan kotak keluar. Hal pertama yang harus dilakukan saat membersihkan, kosongkan bagian kotak sampah dan juga spam, kemudian perhatikan kotak masuk dan lihat pesan yang jarang dibaca oleh Anda.

Jika berupa newsletter atau notifikasi, Anda bisa unsubscribe atau membuat pengaturan notifikasi. Jangan lupa untuk menghapus seluruh pesan yang tidak pernah dibuka tersebut.

Dan beberapa aturan yang bisa diterapkan pada kotak masuk :

  • Setelah dibaca, hapus pesan atau simpan di kotak khusus
  • Kotak masuk hanya sebagai kotak sementara bukan penyimpan pesan
  • Jangan pernah menyimpan lebih dari 50 pesan
  • Gunakan tanda berupa bendera (flag) untuk menandakan pesan mana yang perlu ditindaklanjuti.
  • Jika Anda tidak bisa mengecek email setiap saat, jadwalkan setidaknya dua kali dalam sehari untuk membuka kotak masuk.

2. Bookmark di Browser Internet

Perhatikan di bagian atas kotak browser internet, masihkah ada bookmark yang disimpan? Bila jarang Anda buka atau baca, hilangkan dari kotak tersebut. Agar lebih efisien, Anda bisa menaruh ikon situs yang sering dibuka pada desktop komputer.

3. Bagian Desktop Komputer

Sama halnya dengan kotak masuk email di komputer, bagian desktop juga sebagai tempat untuk menyimpan dokumen sementara. Hilangkan dokumen atau aplikasi yang jarang atau sudah tidak lagi digunakan. Buat folder dan simpan dokumen berdasarkan proyek yang sedang dikerjakan sehingga memudahkan Anda dalam pencarian.

4. Penggunaan Hard Drive/Shared Drive

Buat tempat penyimpanan dokumen yang permanen di hard drive/shared drive. Jika Anda biasa berbagi dokumen di perusahaan tempat bekerja, cara ini bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efektif sehingga tidak perlu mengirimkan dokumen melalui email.

Atur dokumen berdasarkan kategori, proyek, tugas, atau tanggal. Selalu berikan nama yang bisa mendeskripsikan isi dokumen.

5. Buat Daftar To-Do List

Untuk membuat waktu kerja Anda menjadi lebih produktif buatlah daftar to-do list untuk menyimpan semua pekerjaan yang harus dilakukan atau ditindak lanjut. Untuk hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi online di dalam komputer.

Jika Anda bekerja dalam sebuah tim, buat pertemuan rutin untuk menuliskan semua pekerjaan di dalam tim. Pasangkan pengingat tugas yang bisa diatur di dalam email masing-masing anggota tim.

Nah, jika performa dan produktivitas Anda meningkat maka karir pun dijamin akan ikut melesat. Dan jika karir Anda ikut melesat maka aneka pilihan rumah di bawah Rp 1 miliar ini mungkin layak Anda pertimbangkan!

 

Mita agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini