Sukses


6 Ide Dekorasi Tangga untuk Mempercantik Rumah Anda

Sebenarnya ada banyak cara yang lebih kreatif agar tangga di rumah Anda jadi tampak berbeda. Simak inspirasinya pada artikel ini!

Liputan6.com, Jakarta Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai atau lebih, sebuah tangga tentunya akan memiliki fungsi sebagai penghubung antar lantai. Namun ada satu hal yang tak kalah pentingnya, sebuah tangga ternyata juga dapat berfungsi untuk mempercantik tampilan interior sebuah rumah.

(Baca juga: Inspirasi Desain Tangga untuk Rumah Minimalis)

Banyak orang menghiasnya dengan menggantungkan foto-foto atau lampu di dinding untuk membuat tampilan sebuah tangga agar tampak lebih indah. Sebenarnya ada cara lain yang lebih kreatif agar tangga di rumah Anda jadi tampak berbeda. Simak inspirasinya yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Berikan Karpet di Bagian Tengah

Anda bisa memotong karpetnya sesuai ukuran atau membeli yang sudah jadi. Jika masih ada kelebihan di bagian ujung tangga, gunting sisanya agar rapi. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Pertama-tama, ukur berapa lebar karpet yang dibutuhkan untuk menutupi bagian tengah tangga. Anda bisa memotongnya sesuai ukuran atau membeli yang sudah jadi. Jika masih ada kelebihan di bagian ujung tangga, gunting sisanya agar rapi.

Kemudian, tempelkan double tape di masing-masing tapak tangga agar karpet bisa melekat. Terakhir, gunakan steples tembak agar karpet tetap pada tempatnya. Lakukan dari bagian atas tangga hingga bawah.

2. Gunakan Selotip Bermotif

Ingin membuatnya tampak lebih eksentrik? Tempelkan stiker dengan ukuran panjang yang tidak seragam antara satu motif dengan motif lainnya. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Saat ini banyak selotip bermotif seperti washi tape atau kertas stiker yang dijual di pasaran. Siapkan beberapa motif stiker agar tangga tampak lebih berwarna-warni. Fokus tempelkan stiker di bagian tengah. Ingin membuatnya tampak lebih eksentrik? Tempelkan stiker dengan ukuran panjang yang tidak seragam antara satu motif dengan motif lainnya.

3. Lapisi dengan Wallpaper

Agar lebih awet, lapisi bagian luarnya dengan PU (atau polyurethan) yaitu sebuah bahan campuran dari karet dan plastik. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Cara instan lain untuk merubah gaya tangga di rumah adalah dengan menempelkan wallpaper. Ukur tangga terlebih dahulu, setelah itu beri tanda di bagian belakang wallpaper sebelum mulai mengguntingnya. Anda bisa memilih satu atau beberapa motif yang berbeda untuk ditempelkan pada tangga.

Tambahkan lem khusus kayu agar wallpaper bisa menempel dengan sempurna. Agar lebih awet, lapisi bagian luarnya dengan PU (atau polyurethan) yaitu sebuah bahan campuran dari karet dan plastik.

4. Berikan Stiker Pada Tangga

Siapkan lap khusus untuk membersihkan goresan atau cat yang kurang sesuai. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Tambahkan sebuah elemen sederhana namun yang dapat mempercantik tampilan tangga. Misalnya dengan memberikan stiker berbentuk kupu-kupu untuk di tempelkan pada tangga, atau gunakan kuas yang berbentuk cap sehingga Anda bisa lebih leluasa menghias tangga. Siapkan lap khusus untuk membersihkan goresan atau cat yang kurang sesuai.

5. Buat Kata-kata Inspiratif

Beberapa toko online menjualnya dan siap digunakan, atau Anda bisa memesannya secara khusus di pembuat stiker jika kata-kata yang diinginkan tidak ada. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Ide lain yang bisa dilakukan pada tangga adalah dengan menuliskan kata-kata inspiratif dengan menggunakan stiker vinyl di setiap anak tangga. Beberapa toko online menjualnya dan siap digunakan, atau Anda bisa memesannya secara khusus di pembuat stiker jika kata-kata yang diinginkan tidak ada.

6. Berikan Nomor

Cat bagian tengah tangga dengan warna yang cerah seperti warna kuning, kemudian gunakan stiker vinyl berupa angka dan tempelkan pada bagian tengah. (Image: Decoratingyoursmallspace)

Jika Anda memiliki anak balita yang sedang bereksplorasi dan belajar mengenal angka, gunakan cara berikut untuk mempercantik tangga di rumah. Cat bagian tengah tangga dengan warna yang cerah seperti warna kuning, kemudian gunakan stiker vinyl berupa angka dan tempelkan pada bagian tengah.

Agar penempatan stiker tepat, tandai terlebih dahulu bagian tangga sebelum mulai menempelkannya.

Tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah Anda? Jika rumah Anda ternyata bukan rumah model bertingkat, maka simak aneka pilihan rumah 2 lantai dengan harga di bawah Rp1 miliar di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini