Sukses


Simak Ide Desain Teras yang Nyaman dan Ramah Tetangga

Bingung bagaimana mendesain teras yang nyaman dan ramah tetangga? Simak beberapa inspirasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Teras atau pekarangan depan rumah yang rapi dan bersih tidak hanya berfungsi sebagai pemanis eksterior hunian. Desain teras yang nyaman dan ramah juga bisa membangun hubungan bertetangga yang akrab.

(Baca juga: Percantik Teras dan Balkon dengan Lantai Kayu)

Anda tentu jadi lebih percaya diri saat menyapa dan mengajak tetangga sekitar yang melintas di depan rumah untuk sekedar mengajak mampir dan berbincang-bincang ringan di teras rumah. Sisi positifnya, akan muncul rasa kebersamaan dalam lingkungan tempat tinggal. Anda dan keluarga pun semakin betah tinggal di area tempat tinggal.

Bingung bagaimana mendesain teras yang nyaman dan ramah tetangga? Perhatikan setiap sudut dari teras Anda mulai dari menata jalan setapak, pekarangan, hingga gerbang pagar hunian. Untuk itu simak beberapa inspirasi dari Rumah.com berikut ini.

1. Membuat Kesan Teduh

Jika tidak memungkinkan menanam pohon besar, Anda juga bisa memberi kesan teduh dengan memasang kanopi di depan rumah.

Teras yang nyaman haruslah sejuk dan teduh dari sengatan sinar matahari langsung. Dengan menanam pohon atau tumbuhan tinggi di depan rumah, kesan hijau akan membuat teras Anda ramah untuk disambangi.

Kehadiran pohon juga melindungi teras dari angin badai atau rintik hujan. Jika tidak memungkinkan menanam pohon besar, Anda juga bisa memberi kesan teduh dengan memasang kanopi di depan rumah.

2. Desain Pagar atau Gerbang yang ‘Ramah’

Tutupi sela-sela pagar dengan tanaman atau pot yang mengelilingi halaman rumah. Jenis tanaman hijau yang dikombinasi dengan bunga-bungaan liar bisa menjadi pilihan.

Kehadiran pagar atau gerbang sebagai salah satu langkah preventif pengamanan rumah memang sangat penting. Namun pertimbangkan membuat pagar dengan desain yang sedikit rendah dan renggang agar memberi nilai estetika tersendiri.

Kemudian tutupi sela-sela pagar dengan tanaman atau pot yang mengelilingi halaman rumah. Jenis tanaman hijau yang dikombinasi dengan bunga-bungaan liar bisa menjadi pilihan. Tujuannya memberi sedikit privasi sekaligus kesan ceria pada pekarangan.

3. Membuat Kotak Kecil untuk Perpustakaan Gratis

Dengan menyediakan rak kecil berisi buku yang bisa dipinjam gratis, Anda bisa berbagi hobi membaca dengan tetangga sekitar.

Untuk Anda yang senang membaca dan punya banyak koleksi buku, tak ada salahnya mencoba ide ini! Dengan menyediakan rak kecil berisi buku yang bisa dipinjam gratis, Anda bisa berbagi hobi membaca dengan tetangga sekitar.

Cara ini juga bisa menggantikan peran kotak pos yang kini semakin langka. Jangan lupa lengkapi rak buku dengan gembok yang kuat supaya tidak sembarang orang bisa mengambilnya ya!

4. Memberi Kesan Luas

Tanaman dengan beragam jenis dan warna dapat menarik pandangan siapapun yang melintas teras rumah Anda.

Teras yang luas dan lapang bisa mengundang tetangga untuk berkunjung ke teras rumah Anda. Ada beberapa cara untuk memberi kesan luas pada teras. Pertama dengan membuat tangga landai pada jalan setapak menuju pintu rumah.

Kemudian, buat kesan berundak dengan menanam beberapa jenis tumbuhan di tanah pekarangan depan. Tanaman dengan beragam jenis dan warna dapat menarik pandangan siapapun yang melintas teras rumah Anda.

5. Terang di Malam Hari

Berikan pencahayaan yang cukup tidak hanya pada teras namun juga jalan setapak menuju jalan lingkungan perumahan.

Teras rumah yang gelap atau memiliki pencahayaan minim di malam hari bisa membuat tetangga enggan melewati rumah Anda. Resiko kriminalitas juga bisa meningkat pada teras rumah yang terlihat temaram.

Untuk itu berikan pencahayaan yang cukup tidak hanya pada teras namun juga jalan setapak menuju jalan lingkungan perumahan. Gunakan lampu tenaga surya yang bisa ditancapkan langsung pada tanah pekarangan.

6. Area Hang Out yang Seru

Ada banyak pilihan model dan material kursi yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan bujet dan tema teras yang Anda inginkan.

Siapa yang bisa menolak untuk mampir ke teras yang bersih, teduh, dan dilengkapi satu set kursi taman yang unik? Jangan ragu memilih warna-warni cerah pada set kursi taman karena hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri pada teras Anda.

Ada banyak pilihan model dan material kursi yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan bujet dan tema teras yang Anda inginkan.

7. Lengkapi dengan Meja Berisi Snack

Dengan menyediakan suguhan atau kudapan suasana ngobrol Anda dan tetangga bisa lebih seru dan akrab.

Hal terakhir yang bisa menarik perhatian tetangga untuk berkunjung ke rumah ialah dengan menyediakan suguhan atau kudapan pada meja teras. Dengan demikian, suasana ngobrol Anda dan tetangga bisa lebih seru dan akrab.

Jadi jika Anda ingin punya teras yang nyaman tinggal terapkan saja langkah-langkah mudah dari artikel di atas. Dan jika Anda ingin punya rumah yang nyaman dengan harga di bawah Rp500 jutaan, simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.