Sukses


7 Langkah Mudah Aplikasi Interior Rumah Ala Skandinavia

Kesan yang minimalis dan bersih merupakan alasan banyak orang menggunakan gaya Skandinavian ini. Simak tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Interior ala Skandinavia yang menonjolkan perpaduan antara kesederhanaan dengan fungsi akhir-akhir ini menjadi salah satu gaya favorit banyak orang untuk mendesain ruangan, baik untuk rumah maupun kantor.

(Baca juga: Greenery, Gaya Interior Natural yang Digandrungi di 2017!)

Sebenarnya gaya Skandinavia ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an dan sudah dikenal banyak orang pada tahun 1970-an. Kesan yang minimalis dan bersih merupakan alasan banyak orang menggunakan gaya Skandinavian ini.

Dan jika Anda baru saja mulai mengisi barang-barang di rumah baru, gaya desain interior ini mudah diterapkan. Rumah lama tentunya juga bisa mengaplikasikan gaya interior ala Skandinavia ini. Simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Lantai Rumah

Penggunaan karpet tidak direkomendasikan. Namun apabila Anda tetap ingin menggunakannya, pilih karpet dengan ukuran kecil dan warna netral.

Salah satu yang ditonjolkan dalam desain ala Skandinavia adalah penggunaan material yang alami. Anda bisa menggunakan kayu untuk bagian lantai. Penggunaan karpet tidak direkomendasikan. Namun apabila Anda tetap ingin menggunakannya, pilih karpet dengan ukuran kecil dan warna netral.

2. Pilihan Warna

Warna adalah salah satu faktor penting dalam menerapkan desain Skandinavia. Pilih warna netral dan ringan seperti warna putih atau pastel. Namun jika tidak ingin menggunakan warna putih, Anda bisa menggunakan warna biru muda atau pink yang lembut. Pemilihan warna ini dimulai dari benda yang kecil seperti bantal kursi.

3. Meletakkan Karya Seni

Meletakkan sebuah karya seni adalah sebuah hal yang krusial dalam gaya desain Skandinavia. Anda bisa pilih dalam berbagai ukuran mulai dari ukuran yang kecil hingga besar. Desain Skandinavia selalu menonjolkan garis yang simetris sehingga menempatkan karya lukisan dalam sebuah bingkai hitam adalah ide yang sangat bagus.

4. Tonjolkan Bentuk Geometri

Gunakan cermin di kamar mandi yang memiliki bentuk lingkaran atau meja makan yang berbentuk persegi panjang.

Salah satu keunikan dari gaya Skandinavia adalah desain yang terstruktur dan menonjolkan bentuk-bentuk geometri seperti lingkaran dan segi empat. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih perabotan untuk di dalam rumah. Gunakan cermin di kamar mandi yang memiliki bentuk lingkaran atau meja makan yang berbentuk persegi panjang.

5. Perabotan Dual Fungsi

Dalam menerapkan gaya Skandinavia, pemilihan perabotan harus dilakukan dengan seksama karena paling tidak harus memiliki dua hal yaitu ringan dan multifungsi. Di ruangan Anda yang sudah minimalis, tidak perlu memiliki banyak perabotan misalnya pilih kursi dengan desain yang unik agar terlihat menonjol.

6. Berikan Tanaman di Dalam Ruang

Warna hijau dan coklat dari batang tanaman juga dapat mempercantik dinding ala Skandinavia Anda yang berwarna netral.

Agar ruangan di rumah menjadi tampak lebih hidup, hadirkan sesuatu yang hijau dan segar. Tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan direkomendasikan karena menghadirkan perasaan nyaman di dalam rumah. Selain itu, warna hijau dan coklat dari batang tanaman juga dapat mempercantik dinding ala Skandinavia Anda yang berwarna netral.

7. Utamakan Tampilan Minimalis

Ketika berbicara tentang desain ala Skandinavia, salah satu hal yang ditonjolkan adalah interior ruangan yang sederhana serta tersusun rapi. Dekorasi yang digunakan di dalam rumah biasanya hanya benar-benar yang memiliki fungsi. Singkirkan barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan di rumah.

Desain ala Sandinavia ini memang lebih mudah jika diterapkan di rumah baru karena Anda bisa memilih barang-barang yang sesuai gaya ini untuk mengisi rumahnya. Dan untuk pilihan perumahan baru mulai dari harga Rp500 jutaan, simak puluhan pilihannya di sini!

 

Mita agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.