Sukses


Tak Harus Keluar Uang Jika Sekedar Ingin Meluaskan Ruangan

Tanpa perlu bikin kantong jadi bolong atau menguras saldo tabungan. Simak 6 cara bikin ruangan jadi lebih luas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah yang tidak terlalu besar pastinya akan menjadi tantangan tersendiri bagaimana agar Anda tetap merasa nyaman saat berada di dalamnya. Jangan terburu-buru untuk melakukan renovasi, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan di rumah Anda terasa lebih luas tanpa harus mengeluarkan uang.

(Baca juga: Mau Dekorasi Ruangan Kecil? Jangan Lakukan Hal ini!)

Ya, tanpa perlu bikin kantong jadi bolong atau menguras saldo tabungan. Simak 6 cara ala Rumah.com berikut ini.

1. Manfaatkan Desain Rumah

Perhatikan dengan seksama desain rumah Anda, apakah ada bagian-bagian tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah Anda terasa lebih luas? Misalnya jika di bagian sisi rumah Anda memiliki jendela besar tanpa bingkai jangan tutupi bagian tersebut dengan lemari atau sofa.

Anda hanya perlu meletakkan sedikit perabotan atau bahkan tidak usah sama sekali. Jendela ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

2. Minim Aksesoris di Jendela

Jika Anda tetap ingin memasang aksesoris di jendela seperti tirai untuk alasan keamanan, gunakan hanya satu atau dua material saja untuk menutupi bagian jendela di malam hari. Pilih bahan tirai yang ringan dan juga upayakan penggunaan desain bingkai jendela yang minimalis.

3. Bawa Elemen Alam ke Dalam Ruangan

Perhatikan pemandangan di luar rumah, warna elemen alam apa yang bisa di bawa ke dalam rumah. Misal jika rumah dikelilingi oleh pohon yang rindang, Anda bisa menaruh tanaman di dalam rumah. Atau jika Anda ingin menghadirkan suasana laut, letakkan di bagian jendela gantungan bel yang akan berbunyi ketika terkena angin.

Anda juga bisa menghadirkan suasana laut dengan meletakkan sebuah lukisan bergambarkan pemandangan atau laut.

4. Atur Perabotan untuk Menciptakan Keintiman

Perkirakan luas ruangan di dalam rumah. Anda tidak perlu menyebar perabotan ke seluruh ruangan hanya untuk mengisi setiap bagian yang kosong. Lebih baik atur perabotan dalam satu area dengan posisi yang berdekatan sehingga waktu mengobrol Anda bersama anggota keluarga terasa lebih intim dan biarkan sisi area lainnya kosong. Cara ini akan membuat ruangan di rumah terlihat lebih luas.

5. Tidak ada Perabotan yang Menghalangi Pandangan

Anda bisa membuat pengaturan perabotan di dalam rumah agar tidak menghalangi pandangan ketika tamu masuk ke dalam rumah. Caranya, buat perabotan berada dalam satu jajaran dan biarkan kosong di bagian tengah. Selain membuat Anda lebih bebas bergerak, cara ini juga bisa membuat rumah tampak lebih luas.

6. Jaga Area Pintu Masuk Tetap Lowong

Agar setiap anggota keluarga atau tamu yang masuk ke dalam rumah merasa lebih nyaman biarkan area pintu masuk minim perabotan dan tetap lowong. Jika Anda membiarkan terlalu banyak barang di area tersebut, para tamu akan merasa Anda sedang sibuk dan tidak siap menyambut tamu.

Jika ukuran rumah Anda benar-benar kecil maka solusi bagi Anda mungkin harus cari rumah baru dengan ukuran yang lebih luas. Dan untuk rumah baru dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini