Sukses


Kiat Cerdik Meriset Properti Secara Online

Adakalanya informasi seperti kondisi jalan dan fasilitas sekitar perumahan tidak lengkap. Untuk itu lakukan riset dengan benar!

Liputan6.com, Jakarta Sejatinya teknologi diciptakan memang untuk membantu atau memudahkan aktivitas keseharian kita. Sebut saja mulai dari urusan transportasi yang bisa dipesan secara online hingga mencari properti!

(Baca juga: Sekarang, BPHTB Bisa Diurus Secara Online)

Ya, kini hanya dengan satu sentuhan jari Anda bisa mengeksplorasi banyak unit rumah berdasarkan lokasi dan harga yang diinginkan yang sesuai kriteria Anda. Dari satu listing iklan Anda bisa mendapat informasi lengkap mulai dari foto rumah, denah ruang, deskripsi harga, sarana di lokasi perumahan dan sekitarnya hingga nomor agen atau developer yang menjualnya.

Namun ternyata mencari rumah secara online memang butuh strategi yang tepat. Beberapa listing mungkin memenuhi kriteria pencarian Anda, akan tetapi terkadang tidak semua listing tersebut melengkapinya dengan informasi yang lengkap.

Adakalanya informasi seperti kondisi jalan dan fasilitas sekitar seperti rumah sakit atau sekolah tidak bisa Anda dapatkan dengan detil. Untuk itu, lakukan riset dengan lebih lengkap seperti tips dari Rumah.com berikut ini!

Mengecek Informasi Pengembang

Hampir semua informasi dan dokumentasi tentang developer bisa Anda temukan secara online. Pengembang yang professional sudah pasti memiliki laman website yang berisi data perusahaan hingga proyek yang sedang dikerjakan.

Dari hasil ‘berselancar’ singkat, Anda bisa mengecek legalitas pembangunan proyek sampai dengan tahap pengerjaan yang dilakukan. langkah ini setidaknya bisa meminimalisir keraguan jika Anda akan berinvestasi dengan membeli salah satu unit indent yang mereka tawarkan.

Gunakan Google Street View

Meriset sebuah area perumahan kini juga tak mesti harus datang ke lokasi. Dengan bantuan Google’s Street View Anda pun bisa mendapat ilustrasi kondisi jalan dan lalu lintas di sekitar perumahannya. Ikuti runut jalan utama untuk mengetahui daerah yang rawan akan kemacetan lalu lintas.

Jika proyek properti terdapat di tepi jalan, Google Street View yang terkini juga bisa menampilkan gambar konstruksi bangunan tersebut. Namun selalu perhatikan tanggal update terbaru karena biasanya gambar yang ditayangkan dari Google Street View tak selalu sesuai atau mendetil dengan kondisi terkini.

Mengetahui Kondisi Lingkungan

Sejumlah kota di Tanah Air kini mulai mengadaptasi sistem Smart City, mulai dari Surabaya, Bandung, Jakarta, Bogor, Semarang, Manado, dan beberapa kota lainnya. Dengan sistem ini warga ibukota bisa mengetahui kondisi lingkungan beserta tingkat kriminalitas yang ada di sebuah area  hanya melalui website atau aplikasi mobile app.

Meski masih dalam proses pengembangan, Anda pun bisa mengetahui gambaran umum mengenai aman atau tidaknya tingkat kriminalitas di sebuah daerah lewat aplikasi ini. Pastinya ada banyak informasi yang bisa Anda temukan di media online dengan mudah.

Lakukan riset online sebanyak dan sesering mungkin sehingga Anda dapat menentukan pilihan dengan lebih percaya diri. Pengetahuan yang baik juga akan membantu Anda saat melakukan negosiasi harga dengan pihak penjual.

Masih belum menemukan hunian yang sesuai kriteria Anda karena informasinya masih kurang lengkap? Untuk kemudahan dan keamanan cari saja di Rumah.com. Dan untuk hunian dengan kisaran harga mulai dari Rp300 jutaan, cek informasinya di sini!

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini