Sukses


Jangan Telat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Perlengkapan Kamar Mandi

Sekilas, perlengkapan mandi yang digunakan masih terlihat bersih, padahal mungkin saja sudah masanya untuk diganti.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah barang harus diperhatikan masa pemakaiannya, apalagi menyangkut peralatan mandi. Kita sering menganggap alat mandi yang digunakan masih bersih, padahal mungkin sudah masanya untuk diganti.

FYI, barang yang dipakai terlalu lama dipakai dapat menjadi sumber bakteri dan kuman penyakit. Sayngnya kita minim informasik mengenai jangka waktu pemakaian alat mandi Lalu, kapan saat yang tepat untuk mengganti peralatan mandi? Anda dapat melihat ulasan dari Rumah.com berikut ini.

Shower puff

Anda dianjurkan untuk mengganti shower puff setiap tiga minggu sekali. Untuk spons biasa bisa diganti setiap enam atau delapan minggu sekali. Di dalam shower puff memungkinkan 72 juta bakteri berkembang biak. Karena itu, sangatlah penting untuk menjaga kebersihannya. Sebaiknya shower puff juga harus dalam keadaan kering setelah dipakai.

Kondisi basah mempermudah bakteri berkembang lebih pesat. Simpan shower puff di tempat kering yang terkena sinar matahari jika memungkinkan.

Sikat gigi

Setelah digunakan selama satu tahun, sebuah sikat gigi dapat mengandung 1,8 juta bakteri. Termasuk di dalamnya bakteri E.coli, candida, dan streptokokus yang dapat menyebabkan penyakit Hepatitis B dan C.

Gantilah sikat gigi Anda dalam tiga bulan sekali. Penelitian mengungkapkan, sikat gigi yang telah dipakai selama lebih dari tiga bulan kurang efektif menghilangkan plak.

Pencukur kumis

Alat pencukur wajib diganti tiga hari sekali. Gesekan antara kulit dan silet dapat menyebabkan ruam. Alat cukur juga bisa menyumbat pori yang menyebabkan kulit mati akibat goresan dan iritasi.

Handuk

Handuk wajib dicuci setiap satu minggu sekali. Handuk yang jarang dicuci mengakibatkan masalah pada kulit karena bakteri dapat menyebar cepat di tempat lembap.

Lebih dari separuh bakteri staphylococcus dapat menempel pada kulit kita. Selain itu, bakteri pada permukaan handuk dapat menghambat pori-pori tubuh, menyebabkan infeksui kulit dan sakit pada mata.

Shower Cap

Shower cap/penutup kepala sebiknya diganti pemakaiannya setiap satu bulan sekali. Shower cap kerap ditinggalkan dalam keadaan lembap setelah digunakan, ini dapat menyebabkan kembang biak kuman lebih cepat.

Jika Anda menggunakan shower cap yang lembap, rambut Anda pengap sehingga menimbulkan bau apak. Selalu taruh shower cap di tempat yang kering setelah digunakan.

Shower

Ganti shower mandi setiap enam bulan sekali dan rajin bersihkan setiap tiga minggu sekali. Shower mandi yang telah lama digunakan dapat menumpuk lumut atau kerak kotoran pada bagian ujungnya. Ini dapat membuat aliran air yang mengaliri tubuh Anda sat mandi tidak bersih. Akibatnya bisa menjadi sumber penyakit kulit. Bahaya, kan.

Banyak perumahan baru saat ini menawarkan konsep minimalis dengan desain kamar mandi yang sederhana. Tertarik mencari rumah minimalis dengan harga terjangkau? Klik di sini untuk melihat pilihan hunian di bawah kisaran Rp500 Juta di seluruh Indonesia.

Taman Hijau Mustika Bekasi

FOTO: PIXBAY.COM

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini