Sukses


Cara Mudah dan Murah Bikin Dinding yang 'Wah'!

Dinding aksen atau accent wall ini terbilang sederhana dan mudah dibuat sehingga Anda tak perlu keluar banyak biaya. Simak inspirasinya!

Liputan6.com, Jakarta Membuat tampilan interior yang unik dan instagramable tentunya dapat memberi nilai tambah tersendiri bagi sebuah rumah. Katakan saja Anda jadi punya sudut ruangan yang cantik yang bisa dipamerkan kepada tamu atau untuk digunakan sebagai background saat berfoto selfie.

(Baca juga: Tips Hias Dinding: Tema Tipografi)

Salah satu caranya adalah dengan memberi aksen di salah satu sisi dinding. Selain menghindari kesan ‘berlebihan’ pada ruangan, Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak biaya sebab dinding aksen atau accent wall ini terbilang sederhana dan mudah dibuat.

Butuh inspirasi? Simak lima ide membuat dinding aksen dari Rumah.com berikut ini!

1. Mengecat

Cara paling sederhana membuat sebuah dinding aksen adalah dengan membubuhi cat dengan warna yang berbeda dari warna lain yang ada di ruangan. Dinding aksen akan sangat pas jika diberi warna-warni yang tegas agar mudah menarik perhatian setiap mata yang memandangnya.

Coba gunakan warna cerah atau warna gelap sesuai dengan selera Anda. Agar nampak menyenangkan, beri corat-coret menggunakan kapur tulis untuk memberi sentuhan mural pada dinding aksen.

2. Wallpaper Vintage

Jika Anda enggan mengulas seluruh dinding ruangan dengan wallpaper, maka cukup tempelkan pada satu sisi dinding saja. Pilih wallpaper berkualitas yang nampak stand out untuk menghidupkan suasana. Motif seperti bunga-bunga, retro, dan vintage bisa memberi kesan klasik dan modern pada ruangan.

3. Wallpaper Kain

Kain menjadi salah satu material wallpaper yang menarik diaplikasikan pada dinding aksen. Pilih jenis kain yang tepat dan tempel pada salah satu dinding yang Anda inginkan. Gunakan lem yang tidak meninggalkan bekas ketika dilepas. Sebelum mengaplikasikan kain, Anda mungkin perlu membersihkan permukaan dinding dengan sedikit air dan sabun.

Pilihan kain bercorak garis-garis bisa menjadi pilihan namun pastikan ditempel secara simetris. Material ini terbilang cukup sulit untuk diaplikasikan namun jika dipasang dengan baik maka dinding aksen Anda akan nampak begitu unik dan mengagumkan.

4. Panel Gantung

Kreasikan kain yang dilipat menyerupai tirai untuk digantung pada salah satu sisi dinding. Pilih kain bercorak yang cerah dan memiliki komposisi kuat. Untuk kain polos, buatlah kerut atau ikatan pada beberapa sisi kain agar terkesan drapery atau menjuntai dengan cantik.

5. Dinding Galeri

Untuk membuat sebuah dinding aksen tanpa mengutak-atik permukaan dinding, cukup gantungkan sebuah galeri dinding atau lebih mirip seperti mading (majalah dinding) sekolah. Kesan eklektik bisa diciptakan dari komposisi tempelan dan gambar artistik yang terdiri dari ukuran, bentuk, warna, dan bingkai yang berbeda-beda.

Mainkan kreatifitas Anda untuk membuat dinding galeri atau scrapbook yang unik. Akan tetapi jika ingin tampilan lebih rapi, Anda juga bisa menggantung beberapa buah bingkai yang ditata simetris untuk efek dramatis.

Membuat dinding beraksen memang merupakan cara yang mudah dan murah untuk mendekorasi interior rumah Anda agar nampak cantik seketika. Dan untuk memiliki rumah yang cantik dengan harga di bawah Rp200 jutaan Anda bisa pilih dari puluhan perumahannya di sini!

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.