Sukses


Solusi Cerdas Menata Dapur agar Ringkas

Agar aktivitas Anda di dapur bisa dilakukan dengan efektif, maka berikut adalah tips untuk merapikan dapur yang efisien.

Liputan6.com, Jakarta Dapur merupakan tempat di rumah di mana Anda dapat menyiapkan makanan yang bergizi atau berkreasi dengan resep-resep baru bagi seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu penataan peralatan dan perabotan di dapur harus diperhitungkan secara seksama sehingga tak ada lagi ‘drama’ pisau, gunting, atau cetakan kue yang ‘hilang’.

(Baca juga: Menata Dapur Ideal Sesuai Fengshui)

Nah, agar aktivitas Anda di dapur bisa dilakukan dengan efektif, maka berikut adalah tips ala Rumah.com untuk merapikan dapur yang efisien.

1. Pembagian Area Kerja

Sebaiknya dapur dibagi menjadi 5 area sesuai dengan fungsinya. Area pertama digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang dapat dikonsumsi, area kedua sebagai penyimpanan barang non-konsumsi seperti peralatan makan, piring, cangkir, dan lain-lain.

Area ketiga adalah area kebersihan seperti wastafel. Area keempat adalah area persiapan (meja dapur) dan yang terakhir adalah area memasak yaitu kompor dan oven.

2. Menyimpan Peralatan Memasak

Siapkan rak atau lemari khusus untuk menyimpan perlengkapan memasak Anda di dapur. Pastikan letaknya mudah dijangkau, seperti misalnya di lemari bagian bawah. Hal ini akan membuat dapur terlihat rapi dan juga memudahkan Anda dalam menemukan peralatan masak.

Tata peralatan masak berdasarkan fungsi pemakaian atau ukurannya.

3. Mengorganisir Bumbu Masakan

Menyimpan bumbu dapur dan bahan masakan juga dapat mempengaruhi kinerja Anda di dapur. Pastikan semua bumbu disimpan dalam wadah kering dan tertutup, beri label untuk masing-masing wadah dan cantumkan tanggal penyimpanannya.

Letakkan di rak bagian atas kompor agar Anda mudah mengambilnya ketika memasak. Untuk bumbu giling seperti bawang atau cabe giling, simpan di dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara

Dapur Anda perlu memiliki sirkulasi udara serta sinar matahari yang cukup agar dapur tidak lembap sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Wastafel lebih ditempatkan dekat dengan jendela agar bau sisa makanan setelah mencuci piring pun bisa terbawa keluar.

Dapur yang segar tentunya akan membuat Anda lebih nyaman ketika memasak. Jika dapur berada di ruangan yang tertutup, sediakan exhaust fan di bagian atas dapur.

5. Manfaatkan Ruang Tak Terpakai

Perhatikan dengan seksama ruangan dapur Anda, biasanya ada ruang yang tidak bisa digunakan secara maksimal misalnya rak di bawah wastafel atau di bagian sudut sebuah lemari.

Rak di bawah wastafel bisa Anda gunakan untuk menyimpan peralatan pembersih dapur dan untuk di bagian sudut lemari tambahkan sebuah lazy susan untuk menyimpan bumbu masakan atau saus dan kecap.

6. Selalu Bersihkan Dapur Secara Teratur

Letakkan semua peralatan ke tempatnya semula setiap kali Anda selesai memasak. Selain itu Anda juga tetap perlu membersihkan dapur secara menyeluruh. Gunakan cairan atau bubuk khusus yang efektif untuk membersihkan noda minyak di dapur.

Anda juga bisa menambahkan ekstrak jeruk untuk kesan yang lebih segar. Bersihkan seluruh bagian dapur mulai kompor, meja dapur, dinding porselen, lantai dapur dan bak cuci piring.

Kebersihan dan kerapihan dapur bisa dibilang sebagai cerminan sebuah rumah. Nah, untuk pilihan rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar dengan penataan ruang dapur yang baik, simak puluhan pilihannya di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.