Sukses


Stabilnya Harga Rumah di Depok

Meski demikian, harga sempat mengalami kenaikan pada tiga bulan terakhir tahun lalu di mana persentasenya mencapai 6,47%.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wilayah penyangga Ibukota, Depok yang letaknya menjadi jembatan antara selatan Jakarta dengan Bogor, semakin diramaikan oleh sektor residensial. Jika pengembangan hunian vertikal banyak dilakukan di tengah kota, lain halnya dengan proyek perumahan tapak.

Untuk perumahan kelas menengah-bawah, sangat mudah dijumpai di sisi barat dan selatan Depok. Lokasi yang dimaksud antara lain Sawangan, Cinangka, Pengasinan, Citayam, Bedahan, Cipayung, dan Bojongsari.

Segelintir lokasi tersebut menjadi incaran para property seeker (pencari rumah) yang memiliki penghasilan sedang dan mengharapkan akses yang mudah dengan lokasi bekerja.

“Bagi first time buyer, Depok adalah lokasi yang cukup ideal bagi mereka di samping mengukur pada penghasilan yang masuk kelas menengah. Misal pasangan muda dengan pendapatan bulanan sekitar Rp10 juta,” ujar Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

Baca: Harga Apartemen Depok Capai Rp16 Juta/m2

Merujuk data Rumah.com Property Index, median harga rumah di Depok terpantau stabil sejak dua tahun silam. Posisi harga selalu di atas Rp6 juta per meter persegi dan tak pernah menembus angka Rp7 juta.

“Median harganya konsisten berada di bracket Rp6,2 juta – Rp6,3 Juta. Sekalipun mengalami penurunan, tetap tidak pernah kurang dari batasannya,” katanya.

Meski demikian, harga sempat mengalami kenaikan pada tiga bulan terakhir tahun lalu di mana persentasenya mencapai 6,47%. Ini menyebabkan adanya koreksi harga dari Rp6,22 juta menjadi Rp6,63 juta.

Wasudewan menambahkan, “Pembangunan jalur Tol Depok-Antasari (Desari) serta masuknya developer besar ke Depok seperti Agung Podomoro Group yang mengembangkan proyek bernilai triliunan boleh jadi meningkatkan pamor Depok saat itu. Apalagi berdasarkan kanal Perumahan Baru Rumah.com, Depok masih menyimpan cukup banyak perumahan seharga Rp350 juta-Rp500 jutaan.”

Azis Cahya Perdana, Manager Marketing PT. Genesis Indojaya menuturkan bahwa jangkauan daya beli konsumen perumahan di Depok cukup beragam.

Ada first time buyer yang mencari harga rumah di kisaran Rp350 juta hingga Rp500 juta. Ada pula pembeli yang membeli rumah kedua atau rumah kesekian mereka. Mereka biasanya mengincar hunian di kisaran Rp600 juta – Rp1 miliar.

“Pembeli yang telah memiliki rumah dan membeli rumah keduanya atau yang kesekian di Depok kebanyakan adalah orang yang telah mapan di sana. Rumah berikutnya yang mereka beli biasanya untuk anak-anak mereka, sehingga orang tua dan anak tersebut bisa tetap berdekatan,” ia menjelaskan.

Sawangan Bidikan Utama

Serupa dengan Tangerang Selatan, Depok rupanya juga mempunyai sunrise location yang dinobatkan kepada kawasan Sawangan. Bambang Herry, tim pemasaran Perumahan Taman Melati Indah, menjabarkan setidaknya ada dua alasan mengapa Sawangan menjadi primadona konsumen.

Pertama, adalah akses jalan. Sawangan sendiri merupakan wilayah yang berada di perbatasan antara Gunung Sindur (Kabupaten Bogor), Tangerang Selatan, dan Jakarta.

Saat ini, harga properti di Tangerang Selatan dan Jakarta sudah melonjak tinggi berkisar Rp900 Juta–Rp2 Miliar. Namun, Sawangan dengan harga tanah yang sekitar Rp2,5 juta per meter masih menawarkan rumah senilai Rp500 jutaan.

“Belum lagi dengan rencana adanya penambahan akses jalan tol Cinere-Jagorawi yang bisa memudahkan akses menuju lokasi-lokasi lain yang prospektif seperti Serpong dan Cibubur. Ini akan berpotensi menaikan harga properti setiap tahunnya,” Bambang mengatakan.

Alasan kedua adalah suasana lingkungan yang masih asri. Hal tersebut terlihat dari kualitas air yang terpantau baik, sehingga layak dikonsumsi.

Perkembangan infrastruktur di Depok juga terlihat pesat. Pembangunan jalan tol dan jalur commuter line menjadikan kawasan ini kian mudah dijangkau. Ingin punya rumah baru di Depok harga mulai Rp350 Juta? Ini pilihannya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini