Sukses


Tips Hemat Pindah ke Luar Kota

Mungkin saja kota yang akan Anda tempati jauh lebih nyaman dan damai, namun Anda tetap harus berhemat.

Liputan6.com, Jakarta Membayangkan pindahan yang masih dalam satu kota atau hanya menempuh 2 jam perjalanan saja pasti sudah membuat Anda lelah. Bayangkan jika Anda harus pindah rumah ke kota yang jauh dari kota Anda sebelumnya akibat Anda dimutasi.

Mungkin saja kota yang akan Anda tempati jauh lebih nyaman dan damai, namun Anda tetap harus berhemat dan mengatur cara pindahan seefisien mungkin. Agar biaya pindahan tidak membengkak, lakukan cara ini.

Pertimbangkan waktu

Pastikan dahulu berapa lama kira-kira Anda ditempatkan di luar kota. Jika memang Anda hanya ditempatkan selama satu tahun, berarti Anda tak perlu memindahkan seluruh perabotan rumah.

Tapi jika memang Anda berencana untuk menetap di kota tersebut, berarti Anda harus menyusun perabotan apa yang akan dibawa dan perabotan mana yang akan dijual dan dihibahkan.

Pilih rumah siap huni

Jika Anda akan menetap cukup lama di kota tersebut, sebaiknya pilih rumah sewa atau rumah baru yang siap huni. Maksudnya, Anda tak perlu lagi merenovasi atau mengisinya dengan perabotan yang besar.

Beberapa perabotan besar dan vital sudah ada—misalnya ranjang, sofa, kitchen set, dan meja makan. Bila furnitur tak sesuai dengan style Anda, kan, tetap bisa dimodifikasi agar tetap tampil menarik dan modern.

Gunakan jasa angkut dalam satu hari

Daripada menggunakan mobil angkut kecil yang harus mengangkut barang sebanyak dua kali, sebaiknya gunakan jasa angkut dalam satu hari. Maksimalkan seluruh space dalam mobil boks atau truk yang Anda sewa sehingga seluruh barang dapat terangkut.

Pastikan hanya barang yang penting dan sewaktu-waktu dibutuhkan saja—misalnya pakaian dan dokumen—yang Anda bawa sendiri.

(Simak juga: Tips Mudah Ajak Anak Pindah ke Rumah Baru)

Gunakan kain dan kaus kaki

Beberapa barang pecah belah dilapisi dengan bubble wrap untuk mencegahnya terbentur atau pecah. Namun, agar lebih hemat sebaiknya Anda menggunakan kain-kain bekas yang bersih atau kaus kaki untuk melapisi setiap barang sekaligus mengurangi benturan selama barang diangkut.

Manfaatkan mobil pribadi

Bila mobil pribadi akan dibawa ke kota baru, jangan menyia-nyiakan ruang yang tersedia di dalam mobil. Gunakan untuk membawa barang kebutuhan pribadi milik Anda dan keluarga, barang berharga, serta barang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda agar tak tercecer.

Sebaiknya sewa jasa sopir atau minta bantuan kerabat atau sahabat untuk mengendarainya. Hal ini untuk mencegah Anda kelelahan akibat merapikan kebutuhan pindahan.

Saat harus pindah ke luar kota, Anda harus cermat terhadap rumah baru yang jadi incaran. Ketahui detail propertinya, fasilitas-fasilitas umum yang tersedia, hingga aksesnya. Rumah.com menyediakan uraian mendalam mengenai perumahan-perumahan baru di seluruh Indonesia. Tertarik? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp350 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Redrosepm.uk

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini