Sukses


6 Pos Dana yang Diperlukan Saat Pindah Rumah

Pindah rumah memang bukan pekerjaan yang murah. Meski terkesan sepele, tak jarang proses pindah rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Pindah rumah memang bukan pekerjaan yang murah. Meski terkesan sepele, tak jarang proses pindah rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Sebaiknya, rencana pindah rumah dipersiapkan sejak jauh hari. Tanpa perancanaan yang matang, pindah rumah justru dapat mengganggu keuangan rumah tangga. Banyak orang beranggapan biaya pindah rumah hanya sebatas biaya menyewa mobil angkut, padahal lebih dari itu.

Untuk membantu mendapatkan gambaran perhitungan pindah rumah, berikut beberapa di antara biaya yang harus Anda persiapkan.

Biaya pengemasan (packing)

Mengepak barang-barang yang akan dipindahkan memerlukan banyak stok kardus. Anda bisa saja menggunakan stok kardus bekas yang ada di rumah. Namun, harus tetap mempersiapkan dana untuk membeli kardus baru.

Sebab biasanya dibutuhkan kardus ukuran besar dalam jumlah cukup banyak untuk mengepak semua barang di rumah. Hitung kira-kira berapa jumlah kardus yang dibutuhkan untuk mengepak semua barang.

Harga kardus sangat beragam mulai dari Rp1.000-Rp20.000. Untuk menghemat Anda bisa membeli kardus di tukang loak.

Biaya Sewa Kendaraan Angkut

Untuk memindahkan barang yang banyak, Anda memerlukan sebuah kendaraan angkut. Anda bisa menyewa mobil box, mobil pick up, atau truk. Harga sewa di pasaran mulai dari Rp350.000-Rp1.500.000 per rit (1 rit= 1 kali pengiriman barang dari lokasi A ke Lokasi B).

Besarnya biaya penyewaan kendaraan angkut umumnya bergantung pada jenis kendaraan, banyaknya rit, dan jarak tempuh. Pindahan ke luar kota tentu akan lebih mahal biaya sewanya. Perhitungkan dengan cermat untuk mendapatkan harga termurah.

Biaya BBM

Beberapa sewa kendaraan angkut memberlakukan harga belum termasuk BBM. Karena itu, Anda wajib menyiapkan biaya pengeluaran untuk biaya bahan bakar.

Apalagi jika Anda melakukan proses pindahan menggunakan sendiri. Perhitungkan jarak dan rit untuk mendapatkn kisaran biaya BBM.

Biaya jasa bongkar-muat

Kebanyakan jasa penyewaan kendaraan angkut tidak menyertakan jasa tenaga bongkar-muat. Mereka mungkin bersedia membantu mengangkut barang ke truk dan menurunkannya, tetapi hanya sebatas tempat-tempat yang dekat dengan truk angkut. Misalnya, mengangkut barang yang sudah ditumpuk di depan rumah dan menurunkannya di depan rumah pula.

Namun, untuk mengambil atau menempatkan barang ke ruangannya masing-masing, apalagi menempatkan lemari pada ruangan di lantai dua, biasanya penyedia jasa sewa kendaraan akan menagih jasa bongkar-muat.

Biaya Pengurusan Kepindahan

Selain biaya teknis, ada biaya-biaya kepindahan lain yang perlu Anda perhitungkan. Salah satunya biaya administrasi kependudukan, mulai dari balik nama properti (jika second), pengurusan akta tanah, akta bangunan, pembuatan kartu keluarga baru, KTP baru. Perhitungkan semua perkiraan biaya administrasi yang dibutuhkan.

Biaya Pembelian Furnitur Baru

Rumah baru selalu menggoda Anda untuk mengisinya dengan barang-barang yang baru pula. Jika memang berencana membeli furnitur baru, sebaiknya Anda sudah siapkan biayanya dengan matang.

Untuk menghemat Anda dapa menjual barang-barang lama yang sudah tidak digunakan untuk menambah pos dana.

Nah sudah siap pindah rumah, atau sedang mencari rumah baru? Temukan rumah baru dengan pilihan harga mulai Rp500 jutaan di sini!

FOTO: PIXABAY.COM, SAHOMEOWNER.CO.ZA

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini