Sukses


Panduan Ringkas Pilih Sprei Berkualitas

Tidur yang baik tak sekadar meluangkan waktu 6-8 jam di malam hari, tetapi juga harus nyaman dan berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengutamakan harga yang murah saat membeli seprai tanpa memperhatikan kualitasnya. Padahal seprai merupakan salah faktor penting dalam menjaga kualitas tidur seseorang.

Tidur yang baik tak sekadar meluangkan waktu 6-8 jam di malam hari, tetapi juga harus nyaman dan berkualitas. Salah memilih seprai dapat membuat terganggungnya kualitas tidur Anda. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini 5 tips memilih sprai yang tepat.

Sesuaikan dengan Ukuran Tempat Tidur

Pilih seprai yang sesuai dengan ukuran tempat tidur Anda. Umumnya ukuran tempat tidur terbagi menjadi enam tipe, yaitu Single (100 x 200 cm), Super Single (120 x 200 cm), Double (140 x 200), Queen (160 x 200 cm), King (180 x 200 cm) dan Super King (200 x 200 cm).

Perlu diperhatikan bahwa menghitung ukuran seprai bukan sekadar menghitung panjang x lebar, tetapi juga memperhatikan tinggi kasur. Ukuran seprai yang tak sesuai akan membuat kasur cepat berantakan.

Hal ini secara tak langsung akan memengaruhi kualitas tidur Anda. Tidur jadi kurang nyaman. Bukan tak mungkin Anda akan terbangun di tengah malam karena rishi dengan seprai yang terlepas dari ujungnya.

Pilih Bahan yang Nyaman

Jangan hanya mengutamankan motif seprai yang cantik dan harga yang murah, tetapi perhatikan juga material seprai sebelum membeli. Ada banyak seprai dengan beragam material beredar di pasaran, seperti, sutra, rayon, katun, polyster, dan sebagainya.

Sebaiknya pilih bahan seprai yang tidak panas, tak mudah lecek, bertekstur lembut, serta mudah dicuci. Bahan katun merupakan salah satu bahan sprai yang paling baik kualitasnya. Bahan katun biasanya sejuk, mudah menyerap keringat, dan awet.

Untuk memilih bahan yang baik, biasakan untuk menyentuhnya terlebih dahulu. Hindari memilih seprai yang kasar dan kaku karena akan membuat gerah saa tidur.

Mencari Referensi

Untuk mendapatkan seprai yang berkualitas Anda bisa mencari rekomendasi dari teman atau saudara. Pilih penjual yang memiliki reputasi baik dan testimoni baik dari banyak orang yang pernah memakainya.

(Simak juga: 5 Bahan Pokok Percantik Kamar Tidur)

Hindari Warna yang Luntur

Seprai merupakan barang dengan kuantitas besar. Sehingga perlu perawatan khusus. Hindari memilih seprai yang memiliki warna luntur. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyentuh seprai tersebut.

Jika warnanya menempel pada jari kemungkinan besar seprai tersebut dapat luntur. Untuk menghindari kelunturan pishkan cucian sepri pada tempat tersendiri.

Warna dan Motif

Pilih warna dan motif seprai yang sesuai dengan karakter Anda atau sesuai konsep dan tema kamar. Hindari motif yang terlalu rumit dan berlebihan. Jika Anda tak menyukai hal-hal yang menyolok, hindari warna-warna terang. Utamakan kenyamanan di atas tampilan.

Kamar yang terlalu sempit juga bisa menimbulkan rasa kurang nyaman. Tertarik mencari hunian baru yang lebih luas? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp1 miliar di sini!

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.