Sukses


Trik Atur Rumah Agar Mudah Dibersihkan Tanpa Bantuan ART

Tanpa bantuan ART pun Anda bisa dengan mudah membersihkan rumah Anda. Semuanya tergantung cara Anda mengatur perabotan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, membersihkan rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga (ART) seakan tak mungkin. Anda merasa tak lagi punya sisa tenaga—akibat lelah bekerja di kantor hingga malam—sehingga kegiatan membersihkan rumah pun dilupakan.

Akibatnya banyak area yang tertutupi debu. Sebenarnya tanpa bantuan ART pun Anda bisa dengan mudah membersihkan rumah Anda. Semuanya tergantung cara Anda mengatur perabotan di rumah Anda. Tertarik? Simak tips dari Rumah.com berikut ini:

Kurangi pembatas ruangan

Lebih baik jika Anda menggunakan konsep terbuka untuk ruangan di rumah Anda. Ruangan yang terbuka akan mengurangi banyaknya sudut dinding. Pasalnya area sudut inilah yang sering menjadi area yang susah dibersihkan sehingga membuat debu bertumbuk di area tersebut.

Simpan barang yang jarang digunakan

Untuk beberapa barang yang jarang Anda gunakan, misalnya peralatan makan, semua perabotan berbahan kain, serta tas atau sepatu yang jarang dipakai sebaiknya simpan di dalam lemari tertutup dam tambahkan gel silika.

Terlalu banyak barang di ruang terbuka akan membuat debu masuk ke dalam celah-celah barang tersebut dan menimbulkan kesan berantakan dan kumuh.

Usahakan tak terlalu banyak barang

Jika memang ruang keluarga Anda mungil, tak perlu menggunakan banyak sofa di ruangan tersebut. Cukup gunakan satu sofa yang bisa memuat 2-3 orang dan sisanya Anda bisa menggunakan karpet dengan bantal sebagai tempat duduk.

Sofa butuh untuk di-vacuum setiap dua minggu untuk mencegahnya dihinggapi tungau. Daripada Anda kelelahan membersihkan beberapa sofa sekaligus, lebih baik cukup satu sofa, kan.

(Tips: Dapur Tetap Bersih Tanpa Bantuan Asisten Rumah Tangga)

Meja kosong lebih baik

Jangan menyimpan seluruh barang Anda di meja. Buku, alat tulis, alat kerja, dan peralatan lainnya sebaiknya simpan di dalam laci atau rak khusus untuk buku.

Meja makan pun sebaiknya tetap kosong jika tidak digunakan, jadi jangan menyimpan baki yang diisi obat, seluruh piring, dan serbet di atas meja makan.

Letakkan piring di rak piring, masukkan obat ke dalam kotak, agar meja tidak berantakan. Percayalah meja yang berantakan akan membuat Anda semakin malas merapikannya.

Berbagi tugas untuk setiap ruangan

Ini paling penting, Anda tak mungkin membereskan rumah sendirian, berbagilah dengan anggota keluarga lainnya. Minimal mereka membereskan kamarnya sendiri.

Lalu, bagilah tugas kerja setiap minggu. Misal, pasangan membereskan ruang kerja dan halaman, sementara Anda bertugas merapikan dapur dan ruang keluarga.

Untuk menghemat energi, tak usah memaksakan membeli rumah berukuran besar dengan banyak ruangan jika memang belum membutuhkan, terutama bila Anda masih belum memiliki momongan. Beli saja rumah dengan dua kamar tidur. Tertarik mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan rumah baru dengan harga mulai Rp350 Jutaan di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.