Sukses


5 Pilihan Tanaman Hias yang Sebaiknya ada di Ruangan

Tanaman hias seperti apa yang bisa Anda pilih untuk diletakan ke dalam rumah? Simak rekomendasinya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat jika di dalam rumah Anda terdapat  tanaman hias. Selain bisa memberi nilai estetika tersendiri bagi ruangan, tampilannya yang alami pun bisa menyegarkan pandangan sekaligus memberi aneka manfaat bagi Anda sekeluarga.

(Baca juga: 10 Manfaat Tanaman Pot di Dalam Rumah)

Harga tanaman hias juga relatif terjangkau jika Anda ingin mengoleksinya. Dan bila Anda tak mau repot, ada beberapa jenis tanaman hias yang ternyata mudah perawatannya. Kira-kira tanaman hias dalam ruangan yang seperti apa yang bisa Anda pilih untuk diletakan ke dalam rumah? Simak rekomendasi dari Rumah.com berikut ini!

1. Lidah Buaya

Tanaman bernama latin Aloe Vera ini terbilang cukup mudah dirawat. Cukup disiram sehari dua kali dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Lidah Buaya juga memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda gunakan secara langsung.

Misalnya sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan bahkan bahan makanan dan minuman. Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap polutan dan menetralisir bahan kimia seperti racun benzena, formalin, dan bahan kimia lainnya.

2. Lidah Mertua

Sebagai tanaman dari genus sansevieria, tanaman berdaun tegak menjulang dengan tekstur keras dan berbentuk lidah ini sering disebut sebagai tanaman Lidah Mertua. Sementara di luar negeri dikenal dengan nama snake plant karena bentuknya yang seperti ular. Ujung daunnya berwarna hijau keputihan dan di tengah berwarna hijau tua.

Tanaman ini mampu menyerap racun dan menyegarkan ruangan dengan luas hingga 100 m3. Sehingga tak heran jika sekitar udara di sekitar tanaman hias ini terasa lebih sejuk karena kemampuannya menyerap berbagai jenis polutan.

3. Sirih Gading

Ada dua jenis sirih gading, yaitu sirih gading hijau dan sirih gading kuning. Tanaman hias ini disebut juga sebagai Devil’s Ivy atau Pothos. Sifatnya yang menjuntai ke bawah ini membuatnya nampak cantik sebagai tanaman gantung. Daunnya yang bercorak juga mampu membersihkan udara dengan menyerap racun-racun berbagai polutan di udara.

Beberapa zat racun seperti xylene, benzene, formaldehid, karbon monoksida, dan toluene bisa diserap sembari mengeluarkan oksigen bersih ke dalam ruangan. Tidak heran banyak orang yang menyukai tanaman hias yang satu ini.

4. Aglonema atau Sri Rejeki

Aglonema merupakan genus tanaman daun hias yang dikenal dengan nama bunga Sri Rejeki. Keindahan corak daunnya membuat tanaman ini nampak cantik menghias ruangan. Batang daunnya tumbuh tegak dengan daun lebar dan corak hijau menyebar.

Banyak perkantoran atau perhotelan yang memilih tanaman hias ini untuk menghias ruangan karena dapat bertahan lama di ruangan ber AC. Tanaman ini juga bermanfaat menyerap benzena dan formaldehida yang membaur di udara.

5. Lavender

Lavender adalah tanaman asli yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika dan ke timur sampai India. Tanaman ini merupakan tanaman hias pewangi ruangan yang dapat mengusir nyamuk secara alami.

Daerah yang kering dan panas merupakan daerah yang disukai oleh tanaman ini. Selain itu tanaman ini juga bagus untuk hiasan di dalam rumah dan sekaligus sebagai pengusir nyamuk di dalam rumah Anda.

Kelima tanaman hias ini memang bisa jadi pilihan untuk menghias rumah Anda. Dan puluhan perumahan dengan harga di bawah Rp300 jutaan ini mungkin juga bisa pilihan sebagai hunian untuk Anda tinggali bersama keluarga.

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini