Sukses


Bingung Pilih Kitchen Set untuk Rumaha Mungil? Ini Panduannya!

Fungsi kitchen set pun tak hanya sebatas penyimpan, namun juga untuk mempercantik penampilan dapur Anda.

Liputan6.com, Jakarta Meski rumah modern kini mayorita smemiliki lahan yang terbatas, bukan berarti Anda akan membiarkan dapur Anda terbuka tanpa perabotan begitu saja. Minimal Anda memiliki kitchen set untuk menyimpan berbagai perlengkapan makan.

Fungsi kitchen set pun tak hanya sebatas penyimpan, namun juga untuk mempercantik penampilan dapur Anda. Jika rumah Anda termasuk mungil, sebaiknya gunakan syarat dari Rumah.com ini dalam memilih kitchen set.

Pilih yang sesuai luasnya

Ada dua macam kitchen set, yaitu yang berbentuk U dan L. Biasanya kitchen set berbentuk U digunakan untuk dapur yang luas dan pemilik rumah mempunyai sangat banyak peralatan makan. Bila dapur Anda mungil, sebaiknya gunakan kitchen set berbentuk L.

Sesuaikan pula banyaknya lemari penyimpanan dengan peralatan yang ingin Anda simpan, dan sebaiknya bedakan peralatan makan yang sering digunakan dengan peralatan makan yang digunakan hanya untuk acara formal.

Kitchen set satu sisi

Jika dapur Anda memang sangat terbatas—misalnya Anda tinggal di apartemen yang luasnya tak lebih dari 30 meter persegi, gunakan kitchen set hanya di satu sisi dinding.

Kitchen set ini biasanya hanya terdiri atas dua buah lemari di bagian atas dan bagian bawah digunakan sebagai tempat penyimpanan gas dan oven. Kitchen set terbatas ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran belanja peralatan makan.

(Tips: Dapur Tetap Bersih Tanpa Bantuan Asisten Rumah Tangga)

Tempatkan peralatan memasak dalam kitchen set

Akan lebih baik jika kitchen set sudah menyediakan tempat penyimpanan peralatan memasak. Misalnya, ada meja untuk meletakkan kompor, ada lorong untuk menyimpan kulkas, microwave, serta ada meja sebagai lokasi untuk memotong dan menyiapkan bahan makanan.

Gunakan warna cerah

Walau kitchen set berwarna gelap terlihat menarik, untuk ruangan mungil akan lebih nyaman dan lapang jika menggunakan kitchen set berwarna cerah, misalnya putih.

Bagian pintu lemari juga tak harus menggunakan kayu atau tertutup sepenuhnya, Anda bisa meminta pengrajin kayu menggunakan kaca atau cermin sebagai penutup lemari kitchen set.

Sekarang, tak perlu pesimistis lagi dengan dapur kecil di rumah. Anda juga tak perlu ragu lagi jika harus membeli hunian berukuran kecil sesuai kebutuhan, karena ruangan yang kecil bisa terasa nyaman dengan trik yang tepat.

Tertarik memiliki rumah pertama? Temukan puluhan pilihan rumah baru dengan harga mulai Rp350 Jutaan di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.