Sukses


Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Pelihara Hewan di Rumah

Masalahnya rumah Anda bukan rumah yang luas, sehingga memelihara hewan berisiko membuat rumah mudah berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda masih lajang dan tinggal sendirian, mau tak hanya hanya bisa mengisi sepi di rumah dengan memelihara hewan.

Sebagai teman, sangat disarankan Anda memilih hewan yang bisa berinteraksi—minimal yang mengenali pemiliknya—seperti anjing atau kucing, yang cenderung menunjukkan ekspresinya saat melihat Anda.

Masalahnya rumah Anda bukan rumah yang luas, sehingga memelihara hewan berisiko membuat rumah mudah berantakan. Agar hal itu tak terjadi pada Anda, minimal lakukan tiga dari lima poin berikut.

Siapkan kandang untuk tidur

Anjing atau kucing yang tidak memiliki kandang atau rumah untuk tidur biasanya akan berkeliaran di dalam rumah untuk mencari area yang nyaman.

Tak jarang mereka malah akan membuat sofa, karpet, atau area ruang makan Anda berantakan. Biasakan hewan untuk disiplin, misalnya dengan memasukkannya ke dalam kandang untuk tidur setiap pukul 10 malam.

Ajarkan untuk tidak naik ke ranjang

Anjing atau kucing akan mengerti jika dia dilarang masuk ke area tertentu, misalnya kamar tidur. Caranya, usir atau segera keluarkan dia setiap kali kucing atau anjing Anda akan masuk ke dalam kamar.

Hewan peliharaan berisiko membuat ranjang kamar Anda semakin cepat kotor, karena mereka tidak akan mencuci kakinya sebelum berbaring di kasur Anda, kan.

(Simak juga: 5 Tumbuhan yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan)

Vacuum rumah Anda setiap minggu

Sebersih-bersihnya kucing dan anjing Anda—meskipun Anda juga rutin memandikannya— bulu-bulu mereka tetap saja akan rontok dan mengotori rumah.

Rambut hewan yang dibiarkan menumpuk akan membuat debu di rumah semakin tebal. Untuk itu, vacuum area sofa, karpet, kasur, dan tirai setiap minggu.

Disiplinkan jam makan

Selalu usahakan hewan makan tiga kali sehari pada waktu yang sama dan jangan memberinya camilan di luar jam makan.

Terlalu sering makan berisiko membuat hewan ingin mengemil terus dan akan mencuri atau mengotori dapur Anda untuk mencari makanan. Akan lebih baik jika Anda juga memberi makan hewan di halaman, agar sisa makanan tidak berceceran di lantai.

Jauhkan alat rumah tangga berbahan kain

Anjing dan kucing sama-sama senang meraih apa pun yang bentuknya seperti ekor atau tali. Sebaiknya simpan alat rumah tangga berbahan kain atau alat rumah tangga lainnya yang mudah dikunyah di dalam lemari tertutup.

Ketimbang di apartemen, memelihara hewan lebih cocok dilakukan di rumah tapak, karena adanya taman dan ruang terbuka. Tertarik punya rumah baru? Lihat pilihan dengan harga mulai Rp500 Jutaan di sini!

 

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini