Sukses


Tips Agar Perabotan Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Liburan

Simak aneka tips untuk mengamankan perabotan rumah tangga dan peralatan elektronik di rumah saat akan Anda tinggal untuk liburan.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan April ini ternyata ada banyak tanggal merah atau hari libur nasional yang berdekatan dengan akhir pekan. Pada kondisi seperti ini tentunya banyak orang yang memanfaatkan tanggal tersebut untuk berlibur bersama keluarga. Sebut saja misalnya melakukan liburan ke luar kota yang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus berkesan bagi seluruh anggota keluarga.

(Baca juga: Nyicil untuk Liburan Berani, Nyicil DP Rumah Kenapa Takut?)

Namun sebelum Anda berpergian selalu pastikan bahwa rumah Anda dalam kondisi aman saat akan ditinggalkan, misalnya dengan meminimalisir potensi terjadinya kebakaran atau rusaknya perabotan saat ditinggalkan.

Untuk itu simak tips dari Rumah.com untuk mengamankan perabotan rumah tangga dan peralatan elektronik di rumah saat Anda tinggal berlibur.

1. Cabut Kabel Elektronik

Sebelum berangkat berlibur, periksa kembali apakah ada perabot elektronik yang masih terhubung ke sumber listrik. Biasanya peralatan elektronik tersebut seperti televisi, lampu duduk, dan charger handphone.

Asal tahu saja, korsleting listrik rawan terjadi jika peralatan tersebut tidak dicabut dari sumber listrik, meskipun dalam keadaan mati.

2. Tetap Nyalakan Sebagian Lampu

Meskipun disarankan agar seluruh peralatan elektronik tidak terhubung dengan sumber listrik namun bukan berarti Anda perlu memutus aliran listrik untuk satu rumah. Anda tetap harus menyalakan lampu untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah.

Sebaiknya gunakan timer atau sensor cahaya pada lampu rumah agar bisa menyala dan padam secara otomatis. Hal ini untuk mengecoh pencuri yang umumnya kerap mengamati rumah dengan lampu menyala di siang hari sehingga menandakan rumah tersebut kosong.

3. Matikan Pendingin Ruangan (AC)

Waktu berlibur Anda mungkin akan lebih dari satu hari, sehingga tidak ada manfaatnya bila Anda meninggalkan ruangan dalam kondisi AC yang terus menyala. Bahkan AC yang dinyalakan secara terus menerus selama beberapa hari akan membuatnya mudah rusak. Daya listrik yang dihabiskan juga akan lebih besar sehingga bisa membuat tagihan listrik semakin membengkak.

4. Tutup Keran Air dan Gas

Periksa kembali apakah Anda sudah mematikan keran air, mesin pompa air, atau aliran PAM karena genangan air bisa merusak barang berharga seperti berbagai perabot rumah tangga dan perangkat elektronik. Sebaiknya Anda juga melepas selang dan regulator gas untuk mencegah kebocoran.

5. Cuci Bersih Peralatan Masak di Dapur

Ketika hendak berlibur, karena saking senangnya seringkali rumah ditinggalkan dalam keadaan tergesa-gesa sehingga lupa dibersihakan terlebih dahulu. Padahal, alat masak seperti panci dan wajan akan mudah berkerak jika ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu lama.

Selalu cuci bersih seluruh peralatan masak dan langsung keringkan. Kemudian masukkan peralatan masak tersebut ke dalam lemari.

6. Tutupi Perabotan Lain

Perhatikan perabotan lain seperti sofa terutama bila diletakkan di luar rumah, akan ada resiko basah atau kotor ketika Anda tinggal berlibur. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menutupinya dengan plastik atau pindahkan posisi sofa sementara ke tempat yang lebih aman dan kering.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda pun bisa berlibur dengan tenang. Selamat liburan!

Ingin merasakan sensasi suasana liburan setiap hari? Miliki hunian yang berada di area yang sejuk dengan pemandangan yang masih hijau plus dukungan infrastruktur yang baik dengan harga di bawah Rp500 jutaan. Simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini