Sukses


4 Cara Instan Bikin Rumah Bebas Kuman

Ada banyak cara untuk menciptakan rumah sehat. Tak harus merogoh kocek besar, kok. Terpenting konsistensi dan usaha untuk hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menciptakan rumah sehat. Tak harus merogoh kocek besar, kok. Terpenting konsistensi dan usaha untuk hidup sehat itu sendiri.

Rumah sehat dapat memberikan energi positif bagi penghuninya. Tidak hanya secara fisik, rumah yang sehat membuat penghuninya merasa nyaman sehingga makin optimistis dalam menjalani hidupnya.

Menciptakan rumah yang sehat tak selalu mahal. Itu dapat dilakukan dengan empat langkah sederhana, seperti yang dikutip dari Rumah.com berikut.

Biarkan Udara dan Sinar Matahari Masuk

Ciptakan ventilasi di sekeliling hunian. Ventilasi dapat membuat sirkulasi udara lancar. Sirkulasi udara yang lancar dapat menyehatkan penghuninya. Biasakan untuk membuka tirai jendela pagi hingga sore hari agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruang.

Sinar matahari dapat menghindarkan udara pengap di dalam ruang sehingga udara tetap terjaga kebersihannya. Jika tak memungkinkan untuk membuat jendela, Anda bisa mengakali dengan adanya lubang ventilasi atau skylight.

Membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruang dapat menggantikan cahaya lampu di siang hari sehingga dapat menghemat penggunaan listrik.

Menanam Tumbuhan

Usahakan memiliki tanaman hijau di area sekitar hunian. Tanaman hijau baik untuk kesehatan rumah karena membantu menciptakan udara bersih. Tumbuhan dapat menyerap polusi, mengurangi kebisingan, dan menambah nuansa natural dalam hunian.

Tanaman dapat ditempatkan di area dalam maupun luar hunian. Jika memungkinkan, ciptakan taman kecil di halaman depan rumah atau taman belakang. Namun jika luas rumah terbatas Anda dapat menggunakan pot-pot kecil untuk ditempakan di dalam rumah dan sekitar rumah.

Pilih tanaman seperti sansevieria, aglaonema, dracaena, nephrolepis, palem, atau spathyphyllum karena tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki kemampuan menyerap polutan dalam jumlah tinggi.

Hindari Merokok di Rumah  

Hindari merokok di dalam area rumah. Asap rokok merupakan salah satu polusi udara. Asap rokok dalam ruang tertutup dapat membuat ruang pengap dan udara tak nyaman dihirup. Belum lagi abu pada asbak, jika dibiarkan dapat berterbangan dan membuat ruang menjadi kotor.

(Simak juga: Waspada, Ini Penyebab Alergi di Rumah)

Rajin Membersihkan Rumah dan Lakukan Penyortiran

Rumah yang sehat adalah rumah yang bersih, tidak banyak debu dan kotoran. Debu dan kotoran dapat mengundang penyakit.

Sempatkan selalu untuk membersihkan rumah setiap hari, setidaknya untuk menyapu bagian dalam rumah. Saat akhir pekan sempatkan untuk membersihkan benda-benda di dalam hunian.

Selain itu, sortir barang-barang yang digunakan setiap satu bulan sekali. Barang-barang yang tak lagi dipakai sebaiknya dibuang atau disumbangkan sehingga tidak menumpuk di dalam rumah.

Menumpuk barang dalam hunian dapat menyebabkan kuman dan nyamuk. Sama halnya dengan menumpuk pakaian kotor di dalam kamar. Karena itu, rajin membersihkan rumah wajib hukumnya.

Banyak perumahan baru membangun lingkungan yang bersih dan sehat, dengan sistem cluster. Tertarik memiliki rumah baru? Simak pilihan rumah baru di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini