Sukses


3 Hal ini Pengaruhi Harga Jual Rumah

Ternyata ada beberapa hal lain yang mempengaruhi faktor harga jual dari sebuah hunian. Simak poin-poinnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai broker atau agen properti yang sering dimintai pendapat, Anda tentu harus memiliki wawasan yang luas mengenai kisaran harga properti di suatu kawasan. Ya, lokasi memang kerap disebut-sebut sebagai faktor utama sebagai penentu harga jual sebuah properti.

(Baca juga: Tips Agen: Panduan Menentukan Harga Rumah Seken)

Dan keuntungan lokasi rumah yang punya akses dekat dari akses transportasi dan infrastruktur tentunya memang akan memudahkan penghuninya untuk bepergian dan menjangkau tempat aktivitas sehari-hari. Lokasi yang seperti ini pastinya memang akan memiliki nilai lebih.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan gaya hidup masyarakat yang berubah, ternyata ada beberapa hal lain yang mempengaruhi faktor harga jual dari sebuah hunian. Dikutip dari Rightmove.co.uk, Rumah.com melansir ada tiga faktor yang menentukan harga rumah. Simak poin-poinnya.

1. Sekolah Unggulan

Menurut Ed Harrison dari kantor broker Deakin-White, belakangan ini kliennya banyak mencari rumah yang berlokasi dekat dari sekolah unggulan. Orangtua tak keberatan merogoh kocek dalam-dalam asalkan anak-anaknya bisa mengakses pusat pendidikan dengan mudah dan cepat.

Hal ini terbukti karena rumah yang dekat dari sekolah unggulan terjual lebih cepat dan banyak diminati.

2. Sambungan Internet

Gaya hidup masyarakat yang semakin lekat dengan teknologi membuat internet menjadi bagian dari kebutuhan primer. Ada banyak aktifitas bisnis dan komunikasi yang digerakkan melalui layanan online. Untuk itu area tempat tinggal dengan akses koneksi internet cepat menjadi pertimbangan penting.

Tidak heran jika sejumlah pengembang ada yang menyediakan sambungan internet WiFi di lingkungan perumahan/klusternya. Salah satu contohnya ialah Gladiola Residence yang ada di Ciledug dan Pancanaka Green Leaf yang terletak di kawasan Cibubur. Fasilitas perumahan ini bertujuan membuat penghuni merasa nyaman saat berada di dalam rumah.

Karl Knipe dari kantor broker Kings Group mengakui bahwa Wi-Fi, kecepatan internet broadband dan sekolah unggulan menjadi tiga faktor penting yang meningkatkan nilai properti di Inggris saat ini.

3. Stasiun Kereta Api

Meski berada di posisi ketiga, lokasi masih menjadi pertimbangan utama yang berperan besar dalam menentukan harga rumah. Berdasarkan pengalaman agen properti Marcel Roccia dari kantor broker Rochills Ia lebih mudah memasarkan rumah atau apartemen yang memiliki lokasi dekat dari stasiun Kereta Api.

Di Jabodetabek, sejumlah stasiun commuter line sudah dibenahi pemerintah menjadi fasilitas publik yang nyaman dan layak diandalkan untuk aktivitas sehari-hari. Maka tidak heran jika sejumlah proyek apartemen atau perumahan baru mengandalkan “stasiun komuter” menjadi bagian dari pemasaran proyeknya.

Tengah mencari perumahan di kisaran harga Rp500 jutaan yang memiliki keunggulan seperti 3 faktor yang disebutkan di atas? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini