Sukses


Mau Anak Anda Betah di Rumah? Simak Caranya!

Ketimbang menghabiskan energi dengan mengomeli anak supaya betah di rumah, ikuti saja beberapa tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejatinya, rumah merupakan sebuah tempat di mana semua orang yang tinggal di dalamnya selalu merasa aman dan nyaman. Sebuah keluarga yang mendiaminya merasa senang dan bahagia. Namun, bagaimana jika buah hati Anda justru tidak betah diam di rumah? Tidak suka menghabiskan waktu di dalam rumah, dan lebih senang bermain di luar.

(Baca juga: Begini Caranya Agar Anak Doyan Makan di Rumah)

Padahal bermain di rumah memiliki berbagai manfaat, salah satunya bisa menjalin kedekatan antara orangtua dan anak. Memaksanya tentu bukan tindakan yang bijaksana. Ketimbang menghabiskan energi dengan mengomeli anak supaya betah di rumah, ikuti saja beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Ciptakan Suasana Rumah yang Bersih dan Nyaman

Tatalah rumah dengan baik, rapi, dan bersih, sehingga anak menjadi lebih nyaman berada di dalamnya. Anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk belajar melakukannya. Mulai dari hal kecil seperti mengembalikan mainan di tempatnya  atau membersihkan kamar menggunakan sapu dan pel.

Selain itu, agar suasana rumah menjadi nyaman ciptakan komunikasi yang baik agar rumah terasa hangat dan harmonis.

2. Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga

Ketika Anda sedang menjalankan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, membereskan kamar, atau mencuci mobil, ajak anak untuk ikut andil dalam pekerjaan tersebut. Mulai dari yang sederhana seperti mencuci sayur atau membersihkan tempat tidur. Sesuaikan jenis pekerjaan dengan usia anak.

3. Ubah Dekorasi Kamar Anak

Jika Anda merasa kamar anak memiliki tampilan yang begitu-begitu saja, mungkin sudah saatnya untuk mengganti cat dinding kamar anak. Tanyakan warna yang diinginkan agar anak merasa berpartisipasi serta merangsang kreativitasnya.

Perubahan dekorasi lain yang bisa dilakukan adalah menempelkan stiker glow in the dark di dinding atau menambahkan hiasan yang merupakan hasil karya anak.

4. Temani Anak Saat Bermain di Rumah

Pada usia 4-6 tahun, anak biasanya mulai menyadari bahwa mereka membutuhkan teman bermain. Perhatikan dan berikan respon ketika anak mengajak bermain. Anda juga bisa mengizinkan teman anak atau saudara untuk main ke rumah.

Jika Anda seorang pekerja kantoran berikan pengertian kepada pengasuh atau keluarga yang mendampinginya dan lakukan saat akhir pekan tiba.

5. Kenali Bakat Anak

Apakah sebagai orangtua Anda sudah mengenali bakat anak? Jika ya, Anda bisa mengarahkan bakat atau minat anak di dalam rumah. Misal anak memiliki hobi memasak atau bermain musik, Anda bisa memberikan fasilitas agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di dalam rumah.

Selain bermanfaat karena memiliki kegiatan yang bermanfaat, minatnya akan tersalurkan dengan cara yang tepat.

6. Buat Kemah di dalam Rumah

Hampir setiap anak menyukai kegiatan berkemah. Agar anak tidak bosan di rumah, dirikan tenda di halaman dan ajak anak tidur di dalamnya bersama anggota keluarga yang lain. Jika Anda tidak memiliki halaman yang mendukung, tidak ada salahnya untuk membangun tenda di dalam rumah seperti di ruang keluarga atau di dalam kamar anak.

Tengah mencari rumah dengan lingkungan yang akan membuat anak Anda betah di rumah dengan kisaran harga Rp300 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.