Sukses


Menata Ruang Kerja Pekerja Kreatif Berdasarkan Feng Shui

Agar ide-ide kreatif mudah mengalir saat Anda berada di rumah, maka simak tips membuat ruang kerja kreatif berdasarkan feng shui berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Jika saat ini Anda bekerja di industri kreatif, misalnya sebagai marketer, content writer, desain grafis, atau video editor, setiap saat Anda tentu dipacu agar selalu memiliki ide-ide segar untuk menghasilkan karya ataupun strategi yang jempolan.

(Simak juga: Tips Pilah-pilih Rumah Sesuai Aturan Feng Shui)

Namun sayangnya untuk mendapatkan ide-ide yang brilian bukanlah perkara yang gampang. Karena itu mereka yang menggeluti profesi membutuhkan space khusus yang mendukung guna memancing inspirasi dan kreativitas mereka.

Dan inspirasi sendiri bisa datang kapan pun dan di mana pun. Itu sebab para pekerja kreatif tidak melulu bekerja di kantor, jika ide muncul di rumah sekalipun bisa langsung dieksekusi. Nah, agar ide-ide kreatif jadi mudah mengalir saat berada di rumah, maka simak tips dari Rumah.com untuk membuat ruang kerja kreatif berdasarkan feng shui.

1. Identifikasi Kebutuhan Ruang Kerja

Jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan di ruangan tersebut, apakah hanya ada satu jenis atau akan ada beragam jenis pekerjaan kreatif yang dilakukan di dalam ruangan tersebut?

Identifikasi juga peralatan seperti apa saja yang Anda butuhkan ketika melakukan pekerjaan tersebut. Apakah butuh ruang untuk menggambar, komputer, sofa untuk bersantai dan mencari inspirasi serta hal-hal lain yang mungkin akan dibutuhkan. Buat daftar dan sesuaikan dengan ukuran ruangan.

2. Buat Layout Ruangan

Buat gambaran di mana posisi barang-barang tersebut akan diletakkan di dalam ruang kerja. Pastikan tempat Anda duduk menghadap pintu masuk, namun tidak perlu di depan pintu masuk persis karena energi yang masuk akan terlalu besar.

Jika membelakangi pintu masuk, pikiran Anda akan cenderung mengecek apa yang ada di belakang sehingga sulit untuk rileks dan menghambat proses kreatif.

3. Tentukan Tempat Menyimpan Peralatan di dalam Ruangan

Pisahkan peralatan kerja menjadi beberapa kategori seperti peralatan yang digunakan untuk mengukur, menggambar, lalu simpan peralatan sesuai dengan kategorinya.

Pastikan semua alat memiliki tempat, jangan hanya dibiarkan di atas meja. Hanya gunakan peralatan yang memang Anda sering gunakan, perlengkapan yang hanya digunakan sekali waktu bisa disimpan di laci paling bawah atau donasikan kepada orang lain agar tetap bermanfaat.

4. Pilihan Warna dan Dekorasi

Beberapa orang merasa terinspirasi jika berada di ruangan yang tidak terlalu banyak warna karena dapat menjernihkan pikiran. Gunakan warna yang memang menjadi favorit Anda pada dinding dan letakkan beberapa gambar yang bisa menginspirasi seperti karya yang pernah dibuat atau gambar pemandangan laut dan pantai.

5. Ubah Posisi Perabotan jika Diperlukan

Jangan ragu untuk memindahkan posisi perabotan jika situasi ruang kerja terasa stagnan. Merubah posisi perabotan juga dapat memberikan energi baru. Pastikan juga ketika membuat perubahan Anda melakukan pembersihan kepada barang-barang yang sudah tidak digunakan agar energi yang lama bisa tergantikan dengan yang baru.

6. Menciptakan Mindset Kreatif

Ciptakan kebiasaan untuk diri Anda sendiri ketika membutuhkan inspirasi. Hal-hal kecil seperti membuat secangkir teh, mendengarkan musik tertentu atau duduk di lokasi tertentu yang biasanya membuat Anda menjadi lebih kreatif. Hindari kumpulan barang yang tidak teratur sehingga terlihat berantakan karena akan merusak kondisi mindset Anda.

Jika ingin lebih mudah mendapatkan inspirasi, tinggal di hunian bergaya cluster sepertinya cocok untuk dijadikan pilihan. Simak aneka pilihan huniannya di sini.

Foto: Pixabay.com

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.