Sukses


Begini Cara Pilih Sofa yang Benar!

Untuk membantu Anda memilih sofa ruang tamu yang berkualitas, ketahui tiga elemen penting dari sebuah sofa berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ruang tamu rasanya belum lengkap tanpa kehadiran satu set sofa yang empuk dan nyaman. Untuk pilihan sofanya sendiri ada banyak model sofa dengan kisaran harga yang cukup bervariasi. Namun harus diakui, memang tidak mudah menemukan sofa yang kokoh sehingga awet menemani keluarga hingga puluhan tahun lamanya.

(Baca juga: Ubah Sofa Lama Anda agar Terlihat Baru)

Setidaknya ada tiga elemen penting dari sofa atau kursi yang mempengaruhi usia pemakaian. Pertama bagian rangka, kedua suspensi atau per, dan terakhir busa yang menentukan kenyamanan dari sebuah sofa.

Beberapa pabrikan ada yang memberikan informasi lengkap mengenai material yang mereka gunakan untuk membuat sofa. Ada baiknya Anda bertanya lebih jauh mengenai tiga elemen penting dari sofa tersebut. Untuk membantu Anda memilih sofa ruang tamu yang berkualitas, Rumah.com akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tiga elemen sofa berikut ini.

1. Rangka

Material Rangka. Kerangka yang digunakan untuk menopang sofa biasanya menggunakan material kayu solid atau kayu engineered. Material ini dikenal kokoh dan tahan lama. Hindari memilih material kayu daur ulang seperti medium-density fiberboard (MDF), papan kayu partikel, atau plywood standar.

Konstruksi Rangka. Sama pentingnya dengan material rangka, konstruksi yang pas juga mempengaruhi kenyamanan dan kokohnya sofa Anda. Ada beberapa metode penyatuan kayu yang digunakan oleh pengrajin atau pabrikan sofa. Namun hindari rangka yang disatukan dengan baut dan lem, atau penghubung besi yang menyatukan dua buah kayu menjadi satu. Metode ini membuat rangka rentan patah dan rusak.

2. Suspensi atau Per

Jika Anda menghabiskan banyak waktu riset demi menemukan furnitur yang berkualitas, maka bagian suspensi harus menjadi salah satu perhatian utama. Suspensi adalah bagian sofa yang menyangga busa yang fungsinya membuat duduk terasa nyaman dan sedikit memantul. Ada banyak tipe suspensi yang digunakan oleh pabrikan ketika mendesain sofanya.

Prinsip eight-way hand-tied sering menjadi acuan untuk mengecek kualitas suspensi sofa yang harganya cukup mahal. Caranya dengan menekan sandaran sofa, dan Anda bisa merasakan pantulan per yang terpisah di antara kain sofa.

Sementara untuk sofa dengan harga menengah ke bawah, prinsip Sinuous springs sering digunakan untuk mengetes kualitas furnitur. Suspensi jenis ini terbuat dari logam berbentuk zig zag yang ditata beraturan dalam satu baris di bagian depan sofa.

3. Busa Dudukan

Sebagai bagian terluar, memilih busa dudukan yang berkualitas sangatlah penting. Untuk busa dudukan, ada beberapa tipe busa yang dibungkus oleh material serat poliester. Pusat busa memiliki ketebalan setidaknya 4 inci. Sementara itu untuk busa yang harganya menengah ke atas akan memiliki pusat busa yang dibungkus masing-masing membentuk kelompok busa. Semakin kencang busa maka bisa membentuk body sofa yang bagus dan tahan lama.

Hindari memilih busa yang terlalu empuk atau terlalu keras karena tidak nyaman dan cepat berubah bentuk. Sementara untuk busa sandaran, biasanya hanya diisi oleh serat poliester atau kombinasi dengan busa. Ketebalannya lebih tipis dan lebih keras agar mampu menjadi sandaran punggung yang nyaman.

Tips: ketika berbelanja sofa, Anda bisa membuka resleting kulit sofa pada bagian sandaran untuk melihat susunan material di dalamnya, pastikan tidak ada bulu atau serat busa yang menyeruak keluar.

Artikel di atas adalah panduan penting saat Anda ingin membeli sofa. Untuk itu dibutuhkan ketelitian saat memilihnya. Begitupun untuk membeli rumah. Dan untuk pilihan perumahan dengan kisaran harga Rp300 jutaan, simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini