Sukses


Tips Bikin Rumah Bebas Stres

Jadikan rumah Anda menjadi tempat yang nyaman untuk mengeksplorasi hobi atau kesenangan lama dengan beberapa tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pada suatu waktu Anda mungkin akan menemukan masa di mana Anda akan memutuskan diri untuk mengundurkan diri dari dunia kerja. Ya, entah karena alasan usia yang semakin beranjak senja, agar bisa lebih concern mengurus keluarga, atau mungkin malah ingin mulai berwirausaha.

(Baca juga: Tips Agar Nyaman Setelah Pulang Kerja)

Namun pada akhirnya mereka yang memutuskan untuk berhenti bekerja cenderung merasa ‘mengganggur’ ketika benar-benar berhenti dari aktifitas kerja formal delapan jam. Sebagian besar pun pada akhirnya merasa jenuh. Dan jika dibiarkan berlarut-larut bukan tak mungkin mereka pun mudah terserang stres.

Nah, agar hari-hari setelah Anda resign terasa lebih bersemangat dan penuh inspirasi, tak ada salahnya jika Anda mulai menekuni sebuah hobi. Ya, banyaknya waktu luang yang Anda miliki akan lebih produktif bila dimanfaatkan untuk menjalani hobi yang bermanfaat.

Untuk itu jadikan rumah Anda menjadi tempat yang nyaman untuk mengeksplorasi hobi atau kesenangan lama dengan beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

Tata Ulang Meja Baca

Bila ada meja belajar atau tempat bekerja yang biasa Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, ubah sudut ini menjadi tempat yang nyaman untuk mendukung hobi membaca Anda dan juga anggota keluarga lainnya.

  • Duduk yang nyaman. Siapkan kursi yang nyaman yang diletakkan di sebelah jendela agar ada cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan.
  • Siapkan penyangga kaki. Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam saat membaca. Dan untuk mencegah kesemutan atau kaki yang pegal, siapkan penyangga untuk betis dan telapak kaki.
  • Letakkan kacamata. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan, selalu siapkan kacamata baca yang diletakkan di meja agar mudah ditemukan.
  • Tambahkan lampu baca. Ketika hari semakin gelap, Anda masih bisa melanjutkan kegiatan dengan bantuan pencahayaan ekstra dari lampu baca.

Renovasi Garasi Menjadi Area Hobi

Untuk Anda yang memiliki hobi di bidang otomotif atau fotografi, manfaatkan area kosong di garasi sebagai area workshop pribadi.

  • Buat lebih cerah. Amplas dan cat ulang dinding garasi yang lembab dan gelap menjadi segar dan cerah. Tambahkan lampu ekstra bila dibutuhkan.
  • Siapkan lemari untuk menyimpan peralatan. Untuk menghindari pernak-pernik kecil yang hilang atau terselip, simpan semua peralatan dan perkakas dalam satu tempat yang mudah dijangkau.
  • Tambahkan kursi atau sofabed yang nyaman. Setelah menghabiskan energi yang cukup banyak setelah berjam-jam berkutat pada mesin atau peralatan fotografi, kursi yang nyaman bisa menemani Anda saat istirahat sejenak.

Menata Area Dapur

Untuk Anda yang hobi memasak atau memanggang kue, tata area khusus di dapur untuk mengisi waktu senggang. Siapkan semua peralatan masak dengan rapi di sudut ruangan sehingga mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Kemudian kumpulkan koleksi resep favorit pada sebuah buku kliping. Terakhir, siapkan timer atau pengingat waktu untuk mencegah kue Anda hangus jika lupa di angkat tepat waktu.

Tata Ulang Sudut Prakarya

Untuk Anda yang hobi membuat prakarya, baik menyulam, menjahit, modifikasi action figure, dan lain sebagainya, maka Anda butuh ruang khusus untuk menampung semua peralatan.

  • Investasi pada furnitur yang tepat. Mengerjakan prakarya cukup menguras konsentrasi dan waktu, sehingga sangat penting memilih kursi dan meja yang fleksibel. Anda bisa menggunakan meja yang ketinggiannya bisa di atur sesuai kebutuhan, jika Anda ingin duduk di kursi atau hanya ingin bersandar di lantai.
  • Simpan seluruh peralatan pada satu tempat. Beli wadah transparan agar Anda bisa mencari bahan yang dibutuhkan dengan cepat. Ketika habis, Anda pun bisa segera membeli dan mengisinya kembali.
  • Buat Majalah Dinding. Jika Anda memiliki ide prakarya yang dibuat, gantung di mading untuk membuatnya mudah diingat.

Saat masih aktif bekerja, punya rumah dekat kantor ataupun pusat bisnis tentunya jadi impian banyak orang meski mungkin pemandangannya sumpek akibat macet. Saat sudah tidak bekerja, inilah area perumahan yang wajib Anda miliki, baik sebagai investasi ataupun untuk dihuni.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini