Sukses

Tips Jitu Dapatkan Rumah Harga Murah

Liputan6.com, Jakarta Harga rumah memang semakin tak terjangkau, terutama yang ada di dekat kota. Jika ingin mendapatkan yang nyaman, Anda harus rela mendapatkan rumah yang berada di pinggir kota.

Selain itu, pembiayaan rumah pun harus dibayar dengan cara dicicil mengingat tak semua orang memiliki dana tunai yang besar. Maklum, hanya dengan menabung, biasanya susah untuk mengumpulkan uang untuk beli rumah.

Namun, jika Anda mau effort lebih banyak, cobalah melakukan trik berikut dari Rumah.com jika ingin mendapatkan rumah dengan harga yang lebih miring.

Rumahnya sudah berumur

Maksudnya rumahnya sudah tua. Mungkin bentuk bangunannya sudah tidak up to date, tapi dengan sentuhan yang artistik, Anda pasti bisa mengubah tampilannya—minimal bagian dalamnya—menjadi lebih nyaman dan modern. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perbaikannya saat membeli rumah tua.

Pertimbangkan rumah orangtua

Jika Anda memiliki orangtua yang justru tempat tinggalnya lebih dekat ke kota dibandingkan rumah baru yang letaknya jauh dari kota, cobalah untuk bernego dengan mereka.

Bukan berarti Anda jadi membelinya, namun Anda bisa merenovasi rumah tersebut agar tampil lebih modern, luas, dan membagi ruangannya untuk Anda dan orang tua.

Misal, rumah bagian bawah untuk mereka, sementara Anda menempati bagian atas. Jangan lupa jika biaya operasional dan pajak sebaiknya ditanggung oleh Anda.

Beli rumah langsung dari pemilik

Tak sedikit pemilik rumah yang menjual rumahnya tanpa perantara. Biasanya rumah yang dijual langsung oleh pemilik lebih mudah dinego harganya, karena mereka tak harus memberikan komisi untuk perantara. Tanyakan pula mengapa rumah tersebut akan dijual.

Beli rumah lelang

Bank akan melakukan pelelangan rumah jika ada pemilik yang tak sanggup membayar KPR. Anda bisa bertanya kepada kenalan Anda di bank yang menyediakan KPR, mana saja rumah yang kreditnya macet.

Sebaiknya sediakan cadangan setiap kali mengincar rumah lelang, karena biasanya banyak yang tertarik membeli dari lelang.

(Simak juga: Begini Cara Mengikuti Lelang Online)

Overkredit

Minta informasi kepada bank untuk produk yang over kredit. Biaya kadang jauh lebih murah dibandingkan Anda membeli rumah baru yang berarti membuka kredit baru.

Cari yang dijual cepat

Jika Anda rajin mencari penjualan rumah melalui internet, koran, atau menelisik setiap perumahan yang ada, pasti selalu ditemukan rumah yang dijual cepat. Pemilik cenderung membutuhkan dana yang cepat karena kemungkinan dia akan pindah ke luar negeri atau luar kota.

Cari perumahan baru

Perumahan baru, terutama yang masih inden (rumah belum dibangun), biasanya menawarkan harga pertama atau harga promosi. Tak hanya itu, akan ada diskon uang muka serta bonus-bonus lain.

Biasanya, harga rumah ini mengalami kenaikan dalam waktu enam bulan hingga satu tahun. Jika Anda bisa menemukan pengembang yang sedang membangun perumahan, Anda tak hanya bisa mendapatkana hunian dengan harga murah, tetapi sekaligus mendapatkan peluang investasi yang baik.

Tertarik mencari perumahan baru? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp300 jutaan di sini!

Foto: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru
Artikel Selanjutnya
Hadapi Situasi Ini, Mengontrak Lebih Baik Ketimbang Beli Rumah