Sukses

Syarat Ideal Rumah yang Jauh dari Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta Menipisnya lahan di kota besar membuat kawasan hunian bergeser ke area pinggiran kota. Tantangan yang utama, tentu saja, adalah jarak tempuh dari rumah ke tempat bekerja.

Bagi kelas menengah, mencari rumah di tengah kota adalah hal yang hampir mustahil. Pilihan yang tersedia dengan harga terjangkau kebanyakan ada di pinggir kota. Memang tidak terlalu ideal bagi mereka yang bekerja di pusat kota.

Mengingat rumah adalah kebutuhan pokok yang harganya terus menanjak, menunda membelinya bisa jadi keputusan yang salah. Sebagai jalan tengah, tak ada salahnya membeli rumah di pinggiran kota, asal memenuhi sejumlah kriteria yang dilansir Rumah.com berikut ini:

Lingkungan nyaman

Jangan hanya perhatikan kondisi rumahnya, tapi juga lingkungan alam di sekitar rumah Anda. Masa, sih, Anda sudah membeli rumah yang jauh dari pusat kota tapi areanya sama padatnya.

Pastikan rumah Anda memiliki halaman yang cukup untuk ditanami pohon, serta area kompleks juga teratur jarak antara rumahnya. Lingkungan yang asri dan hijau memungkinkan Anda mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga tubuh akan tetap sehat meski menempuh perjalanan jauh setiap harinya.

(Simak juga: Syarat Ideal Rumah Pertama Pasangan Baru)

Dekat dengan keluarga

Jangan pernah menggunakan alasan untuk berjauhan dengan keluarga sehingga Anda memilih tinggal di pinggiran kota. Suatu saat Anda akan tetap membutuhkan keluarga Anda.

Sebisa mungkin, carilah hunian di daerah di mana di sana ada sanak saudara Anda. Selain memudahkan Anda untuk menghadiri acara keluarga, Anda juga tak repot jika suatu saat membutuhkan mereka. Misalnya saat ingin meminjam kendaraan—kalau pinjamnya sama tetangga, kan, malu.

Akses angkutan umum yang baik

Di Jakarta, Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line adalah primadona. Transportasi umum massal ini sudah jauh lebih nyaman dengan penyejuk udara dan interior yang lebih bersih, serta waktu keberangkatan yang lebih sering.

Tak heran, pengembang perumahan berebut lahan di pinggiran kota yang dekat dengan stasiun KRL ini. Untuk daerah lain, rumah yang dekat dengan terminal juga layak jadi pertimbangan. Carilah rumah yang hanya perlu sekali naik angkutan umum untuk mencapai terminalnya. Lebih baik lagi jika bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Jangan sampai Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk ongkos transportasi ke kantor, sehingga pengeluaran bulanan makin membengkak.

Terjamin aman

Mengingat Anda bekerja di pusat kota, Anda terpaksa meninggalkan rumah saat siang. Untuk itu Anda harus yakin dengan keamanan lingkungan rumah. Tinggal di rumah cluster atau hanya memiliki satu pintu jelas lebih aman dibandingkan yang akses jalannya banyak.

Pastikan keamanan berpatroli selama 24 jam dan hubungan antara lingkungan kompleks dengan kampung yang ada di sekitarnya terjalin baik.

Semakin mantap membeli rumah, meski harus di pinggiran kota? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Tetap Sehat Tinggal di Pemukiman Padat
Artikel Selanjutnya
Tips Jitu Dapatkan Rumah Harga Murah