Sukses


Sehat Tak Harus ke Gym!

Di manapun Anda tetap bisa berolahraga. Untuk itu simak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah ataupun kantor.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara teratur. Namun aktivitas yang padat seringkali menjadi alasan banyak orang untuk tidak berolahraga. Dan jika sudah begini Anda pun jadi rugi dua kali: tidak mendapatkan manfaat dari olahraga dan hanya membuang uang apabila sudah membayar sebagai gym member.

(Baca juga: Ini Aktivitas di Rumah yang Membuat Tubuh Tidak Sehat)

Padahal untuk berolahraga tidak harus di pusat kebugaran, lapangan atau di tempat khusus untuk berolahraga lainnya. Ya, di manapun Anda tetap bisa berolahraga meski sekedar untuk mencari keringat, membakar kalori. Untuk itu simak tips daari Rumah.com untuk beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah ataupun kantor.

1. Naik Turun Tangga

Meskipun gerakan ini terlihat sederhana, namun ternyata naik turun tangga memiliki manfaat yang luar biasa. Anda bisa melakukannya di tangga maupun dengan kursi. Lakukan gerakan ini dengan maksimal untuk memperkuat otot dan tulang kaki sekaligus membakar lemak.

2. Gerakan Plank

Plank adalah latihan keseimbangan dengan menitikberatkan pada kekuatan tubuh di bagian tengah. Cara melakukannya adalah dengan menempelkan siku di bagian lantai, lalu merentangkan tubuh Anda dengan menggunakan ujung kaki sebagai tumpuan dan menahan posisinya selama mungkin.

Gerakan ini melatih otot lengan, bahu, perut, paha serta otot perut agar datar dan kencang.

3. Angkat Beban

Untuk olahraga mengangkat beban tidak harus menggunakan dumbbell atau barbel yang biasanya terdapat di pusat kebugaran. Manfaatkan peralatan yang bisa didapatkan sekitar rumah seperti jerigen air, makanan kaleng, atau buat dumbbell dari sisa botol air minuman plastik yang tidak terpakai.

Selain air Anda juga bisa masukkan kerikil atau pasir di dalamnya.

4. Jogging

Melakukan jogging tidak harus selalu dilakukan di luar rumah meski olahraga ini memang identik dilakukan di jalan atau taman. Sebenarnya Anda juga tetap bisa melakukan jogging di dalam rumah seperti mengelilingi area rumah atau melangkahkan kaki secara perlahan di depan televisi sambil mendengarkan musik. Kata kuncinya adalah pastikan bahwa Anda terus bergerak sehingga berkeringat saat melakukannya.

5. Menari

Menari tidak harus selalu berhubungan dengan seni gerak tetapi juga bisa menjadi sebagai alternatif olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. tambah lagi menari juga bisa dilakukan di dalam ruangan.

Untuk menambah semangat, iringi dengan musik bertempo cepat. Dan asal tahu saja, menari bisa membakar 130-150 kalori dalam tubuh.

6. Squat Jump

Latihan ini adalah memusatkan pembentukan otot kaki, terutama pada betis. Latihan ini terbilang sangat mudah karena Anda hanya tinggal berdiri dan jongkok kemudian berdiri lagi sambil melompat dan melakukannya secara berulang.

Agar latihan lebih terasa menantang, tahan posisi jongkok beberapa detik sebelum Anda berdiri lagi. Lakukan gerakan squat sebanyak 10 kali dalam setiap sesi.

Supaya olahraga di rumah bisa maksimal, pilih area terbaik di rumah yang menurut Anda paling nyaman untuk melakukannya dan pastikan ruangan tersebut memiliki cukup ruang yang lapang tanpa ada benda yang mengganggu. Dan agar latihan Anda di rumah efektif kuncinya adalah disiplin dan jika perlu pilih hari dan waktu tertentu untuk sesi latihan.

Ingin punya rumah yang bisa mendukung aktivitas Anda untuk berolahraga, baik di dalam rumah atau sarana yang tersedia di lingkungan sekitarnya? Simak ratusan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pexels

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini