Sukses


Rumah Anda Wajib Punya Peralatan Bersih-bersih Seperti Ini!

Alat pembersih yang tepat tentunya akan memudahkan proses bersih-bersih di rumah dengan maksimal. Dan inilah peralatan yang wajib ada.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah yang bersih tidak hanya membuat penghuninya nyaman menempatinya, namun juga untuk tamu yang berkunjung. Selain menyiapkan cairan pembersih yang ampuh dan ramah lingkungan, tentu saja Anda juga harus memiliki serangkaian alat bersih-bersih untuk digunakan mengusir kotoran dan debu dari dalam rumah.

(Baca juga: Repot Membersihkan Rumah? Contek Jadwal Harian Ini!)

Ya, alat pembersih yang tepat tentunya akan memudahkan proses bersih-bersih sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Lantas, peralatan bersih-bersih seperti apa yang wajib dimiliki? Simak 10 poin dari Rumah.com berikut ini!

1. Spons

Ada banyak pilihan spons yang bisa Anda pilih. Namun untuk bersih yang maksimal, pilih spons lembut dengan permukaan kasar di salah satu sisinya. Ada juga spons yang memiliki sisi mikrofiber sehingga akan mempermudah Anda menghapus kotoran yang membandel.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan spons sebelum dan sesudah digunakan.

2. Handuk Putih

Setiap rumah wajib memiliki handuk putih berukuran kecil untuk bersih-bersih. Anda bisa membeli satu set handuk kecil yang tersedia di toko swalayan. Tapi mengapa harus memilih warna putih?

Fungsinya agar Anda bisa melihat kotoran yang menempel dengan lebih jelas. Warna putih juga mudah dibersihkan dengan menggunakan sitrun atau cairan pemutih lainnya. Jika ingin lebih hemat, Anda juga bisa memanfaatkan kaus lama yang tidak terpakai untuk dijadikan lap.

3. Squeegee/rakel

Alat kecil yang satu ini sangat ampuh membersihkan permukaan kaca atau dinding ubin sehinggga menjadi kinclong. Tinggal menyemprotkan air atau cairan pembersih pada media yang akan dibersihkan kemudian seka menggunakan karet squeegee.

Anda juga bisa menyambung dengan tongkat jika ingin membersihkan squeegee untuk menjangkau area yang sulit terjangkau.

4. Lap Mikrofiber

Fungsinya hampir sama dengan handuk putih, untuk mengangkat kotoran dengan tangan secara langsung. Namun lap mikrofiber punya daya resap air yang lebih kuat sehingga Anda bisa membersihkan dengan efektif tanpa meninggalkan debu.

5. Botol Seprai

Botol seprai sangat penting untuk menemani waktu bersih-bersih Anda. Isi dengan air atau cairan pembersih untuk mengangkat debu atau kotoran yang lengket.

6. Sapu, Pengki, dan Kain Pel

Ketiga alat ini sering diandalkan untuk membersihkan lantai sehingga kembali bersih. Lantai dengan material dari kayu, keramik, atau semen juga bisa dibersihkan dengan efektif menggunakan ketiga alat ini. Sementara pengki berfungsi dalam proses pengangatan debu dan kotoran sebelum lantai siap di pel.

7. Penyedot Debu

Ada banyak produk elektronik penyedot debu yang tersedia di pasaran. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan dengan daya listrik yang rendah untuk menjaga lantai dan furnitur lain tetap bersih dan terbebas dari kuman penyebab alergi.

8. Ember

Ember berukuran sedang tidak hanya berfungsi untuk menyimpan peralatan bersih-bersih rumah, namun juga bisa digunakan untuk merendam cairan pembersih lantai untuk mengepel.

9. Sikat Gosok

Terkadang spons atau kain lap kurang efektif menghilangkan kotoran atau kerak yang melekat pada permukaan. Anda bisa menggunakan sikat gosok sebagai alat permbersih yang ampuh.

10. Sikat Gigi

Untuk menjangkau area yang sulit seperti siku-siku dan pojok dinding, sikat gigi bisa dimanfaatkan untuk mengusir kotoran yang menempel dengan mudah.

Nah, jadi rumah yang nyaman bukan karena berdasarkan ukurannya semata tapi lebih kepada bagaimana cara kita menjaga kebersihannya. Dan bagi Anda yang tengah berburu rumah dengan harga yang masih ‘masuk akal’, simak puluhan pilihan perumahannnya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini