Sukses

Mau Yoga di Rumah? Ini yang Harus Anda Lakukan!

Liputan6.com, Jakarta Memang paling enak jika yoga dilakukan di studio yoga atau di alam bebas. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu sebentar, yoga pun dilakukan di rumah.

Masalahnya, yoga di rumah kadang banyak gangguannya. Mulai dari suara penghuni rumah lainnya, atau keinginan untuk menikmati TV. Agar yoga berjalan lancar, cobalah lakukan cara seperti dilansir Rumah.com berikut ini.

Siapkan alasnya

Yoga di rumah memang dapat dilakukan di mana saja, termasuk ranjang. Namun, pastikan ranjang Anda permukaannya cukup keras dan datar agar posisi tubuh selama menjalankan yoga tetap stabil.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda memiliki matras yoga dan lakukan gerakan yoga di lantai. Sebagai pengganti matras, gunakan karpet atau selimut yang agak tebal.

Lakukan di halaman

Waktu terbaik menjalankan yoga adalah pagi hari saat suasana rumah masih sepi. Cobalah untuk bangun lebih pagi, misalnya pukul 5 pagi, lalu lakukan yoga di teras rumah.

Semburat jingga sinar matahari yang akan terbit dan sejuknya udara pagi akan membuat Anda lebih mudah berkonsentrasi.

Tambahkan aroma terapi

Nyalakan aroma terapi di dekat area beryoga Anda. Aroma yang segar dan menenangkan akan membantu pikiran Anda untuk lebih fokus dan tak tergoda menjalankan aktivitas lainnya selama yoga.

Gunakan area kamar

Jika halaman sudah terlalu ramai, misalnya tetangga Anda sudah sibuk melakukan aktivitas dan suaranya terdengar hingga ke area teras Anda, lakukan yoga di dalam kamar.

Agar lebih nyaman dan rileks, nyalakan alunan musik lembut seperti musik yang mengingatkan Anda akan alam, seperti suara gemericik air dan kicauan burung—sekilas mirip dengan alunan musik yang sering Anda dengarkan di spa atau tempat pijat refleksi.

(Simak juga: Kegiatan Bersih Rumah yang Bisa Diselilingi Gerakan Olahraga)

Waktu yang tepat

Yoga sebaiknya dilakukan sebelum sarapan, atau 2-3 jam setelah makan. Jika perut terlalu kenyang, Anda akan susah menjalankan setiap posisinya. Cukup nikmati segelas air hangat sebelum menjalankan yoga.

Simpan video yoga

Carilah video step by step yoga di rumah yang ada di YouTube lalu download dan simpan. Mengikuti setiap langkah yang ada di video juga akan memudahkan Anda untuk menjalankan yoga di rumah. Anggaplah seakan-akan Anda berada di studio yoga.

Rumah idealnya memiliki halaman yang cukup untuk melakukan olahraga seperti yoga. Di Depok, setiap perumahan diwajibkan memiliki lahan minimal 120 meter persegi sehingga ada cukup ruang terbuka untuk berbagai kegiatan. Tertarik mencari rumah di Depok? Simak pilihannya di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini 26 Rahasianya buat Rumah Jadi Tempat Perawatan Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
10 Tips Relaksasi Sebelum Tidur di Malam Hari