Sukses


Kiat Cerdas Manfaatkan Waktu Senggang

Simak lima hal yang bisa Anda lakukan di rumah agar Anda tidak merasa hanya hidup di akhir pekan saja.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menghabiskan lebih dari 12 jam untuk bekerja, apa yang biasanya Anda lakukan sesampainya di rumah? Apakah bergegas mandi, makan malam, dan langsung pergi tidur?

Berbeda dengan kegiatan di kantor yang penuh dengan tugas dan deadline, saat-saat di rumah merupakan waktu yang berharga dan wajib dinikmati. Namun, dengan sisa waktu yang tersedia, bagaimana cara memanfaatkannya secara efektif?

(Baca juga: Cek Waktu yang Pas untuk Ajukan KPR)

Simak lima hal menurut Rumah.com yang bisa Anda lakukan di rumah agar Anda tidak merasa hanya hidup di akhir pekan saja.

Letakkan Benda di Tempatnya

Letihnya tubuh ketika memijakkan kaki di rumah membuat sebagian orang buru-buru melepas dan meletakkan benda di sembarang tempat. Mulai dari sepatu, tas, jaket, dan pakaian kerja. Kebiasaan buruk ini tentu saja membuat rumah jadi terlihat berantakan dan penuh dengan peralatan kerja.

Anda juga bisa pergi terlambat kerja keesokan harinya karena sibuk mencari benda yang berceceran di seluruh penjuru rumah.

Bercengkrama dengan Keluarga atau Nikmati Waktu Sendiri

Setelah sibuk berkutat dengan pekerjaan, sudah saatnya Anda menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Nikmati waktu bersama orang-orang tercinta, mulai dari pasangan, anak-anak, hewan peliharaan. Atau, jika tinggal sendiri, Anda bisa menghabiskan waktu bersantai di sofa.

Seduh secangkir kopi atau teh sambil mengingat kembali hal-hal menyenangkan yang terjadi hari ini. Dan lupakan kejadian buruk yang sudah berlalu.

Masak Makan Malam yang Praktis

Tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang baik setelah seharian beraktivitas. Pulang ke rumah berarti saatnya mengisi perut dengan makanan yang lezat dan mudah disiapkan. Anda bisa menggoreng atau merebus makanan beku yang sudah disiapkan di dalam kulkas.

Karena itu isi kulkas dengan bahan makanan seminggu penuh di akhir pekan untuk membuat sajian praktis di hari sibuk, mulai Senin hingga Jum’at.

Menghabiskan Waktu untuk Hobi atau Membuat Rencana

Salah satu cara menikmati hidup adalah mengisi waktu dengan hobi dan kesenangan pribadi. Sisihkan waktu meskipun hanya 20 sampai 30 menit untuk melakukan hobi Anda. Mulai dari membuat kerajinan tangan sampai sekedar bermain alat musik.

Atau jika Anda ingin membuat rencana jalan-jalan di akhir pekan, buat perencanaan dan catat dengan rinci segala perlengkapan yang perlu dibawa dan dibutuhkan. Melakukan hal sesederhana itu dipercaya bisa menyegarkan kembali pikiran.

Melakukan Persiapan untuk Esok Hari

Buat pagi Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan di esok hari dengan melakukan beberapa persiapan sebelum pergi tidur. Persiapan ini mencakup: memilih baju yang akan dikenakan besok, menyiapkan apa yang akan menjadi sarapan, dan bekal makan siang.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini