Sukses


Referensi Terpercaya untuk Mengetahui Harga Properti di Indonesia

Indeks ini memudahkan para pencari hunian sehingga lebih mudah menemukan rumah idaman berdasarkan referensi harga yang wajar.

Liputan6.com, Jakarta Industri properti di banyak negara, termasuk di Indonesia, adalah salah satu pasar yang tidak transparan. Para spekulan dapat menentukan harga semaunya, yang tidak sesuai harga pasar, untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Akibatnya, pencari hunian mendapatkan harga yang relatif tinggi. Unit atau hunian pun menjadi banyak yang tidak terpakai atau terbeli karena harga yang tidak terjangkau.

Itu sebab maka pada Rabu (29/3) lalu Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia, meluncurkan Rumah.com Property Index. Melalui indeks ini, Rumah.com memudahkan para pencari hunian sehingga lebih mudah menemukan rumah idamannya berdasarkan referensi harga yang wajar, sesuai dengan sentimen pasar.

“Setiap harinya Rumah.com memproses begitu banyak data properti, sehingga kami dapat mengolah dan memberikan informasi mendalam kepada masyarakat Indonesia yang sedang mencari hunian,” ujar Wasudewan, Country Manager Rumah.com pada saat acara peluncuran di Qubicle Center Senopati 79, Jakarta.

“Dengan Rumah.com Property Index konsumer jadi tahu, timing buyer, kenapa harga turun, dan sebab turunnya hingga cukup jauh. Ketika turun, sementara supply meningkat. Ini yang diuntungkan consumer. Hal ini juga akan menguntungkan para pengembang. Dengan adanya data seperti ini, maka pengembang bisa mengambil keputusan untuk membangun,” ujar Wasudewan.

Begitu juga dengan para agen yang ingin menjual rumah. Menurut Wasudewan, Property Index bisa digunakan sebagai acuan harga untuk menjual rumah bekas.

Sebagai informasi, terdapat 3,4 Juta pengunjung yang mengakses 17 juta halaman Rumah.com setiap bulan yang mencakup 400.000 listing properti dari seluruh Indonesia. “Dengan data dari berbagai lokasi, tipe properti, volume supply serta permintaan harga tersebut maka kami menghadirkan Rumah.com Property Index sehingga bisa menjadi salah satu solusi dari masalah properti di Indonesia,” tambah Wasudewan.

Rumah.com Property Index menyajikan analisis data properti dalam skala nasional dan wilayah tertentu yang dirilis setiap kuartal. “Informasi yang disajikan dalam indeks ini tentunya akan sangat berguna bagi konsumen properti untuk mengambil keputusan, serta bagi agen dan developer untuk menentukan harga dan menganalisis tren pasar properti di Indonesia.”

*Data Rumah.com Property Index ini bisa di akses di sini.

Property Index ini merupakan salah satu dari beragam solusi yang ditawarkan Rumah.com yang dapat dimanfaatkan oleh para pencari properti menemukan rumah idaman. Pencari hunian juga dapat memanfaatkan kanal Perumahan Baru yang menyajikan pilihan perumahan dan apartemen terbaru di seluruh Indonesia.

Lebih lengkap lagi, konsumen properti juga dapat mengakses Review Properti yang menampilkan ulasan obyektif, transparan dan profesional tentang properti terbaru di Indonesia. Informasi mendalam tentang transportasi publik, sekolah unggulan, fasilitas kesehatan hingga kondisi lalu lintas yang terdapat di sekitar perumahan akan mendukung para pencari hunian dalam menentukan keputusan secara meyakinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.