Sukses


Langkah Jitu Atasi Bau Ompol

Untuk membantu Anda menghilangkan bau tak sedap dan noda bercak pada permukaan kasur maupun sofa, simak beberapa cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda punya anak kecil, atau kedatangan tamu yang menginap dan membawa balita, kejadian ‘ngompol’ di kasur tentunya merupakan hal yang ‘lumrah’. Memang ada beberapa inovasi terbaru untuk mencegah hal ini, seperti seprai anti air, atau pelapis matras.

Namun bila sudah terlanjur terjadi apa yang harus Anda lakukan? Semprotan penghilang bau tak sedap mungkin bisa sedikit membantu, namun jelas tidak bisa menghilangkan bau secara permanen. Wewangian seperti ini juga tak bisa menghilangkan noda bercak air urin.

Dan untuk membantu Anda menghilangkan bau tak sedap dan noda bercak pada permukaan kasur (dan bisa diaplikasikan pula pada sofa), simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

(Baca juga: Cara Tepat Usir Bau Rokok di Dalam Rumah)

Pertama-tama yang harus diketahui bahwa air kecil atau urin mamalia terbuat dari kristal asam urin. Ya, selain manusia, hewan seperti kucing dan anjing juga memiliki komposisi urin yang sama. Jika air urin baru saja menetes pada permukaan kasur, segera ambil handuk atau tisu untuk menyerap cairan sebanyak-banyaknya. Anda juga bisa membilas permukaan bekas urin menggunakan air bersih sebagai langkah pertama pembersihan.

Baking Soda

Baking soda, selain sebagai bahan untuk membuat kue juga kerap digunakan sebagai penghilang bau tak sedap di kulkas atau lemari. Bahan ini juga dikenal sangat efektif untuk membersihkan permukaan yang kotor.

Bahan dengan tekstur serbuk ini terbilang murah dan mudah didapatkan untuk membersihkan bekas noda dan bau apek. Pertama-tama, basahi permukaan yang terkena air urin. Kemudian taburkan baking soda di sekitar area yang terkena air urin dan gosok menggunakan sikat.

Jika sudah bersih, biarkan mengering dan vacuum untuk menyedot bekas serbuk yang menempel.

Cuka Putih

Cuka adalah salah satu bahan yang aman untuk membersihkan noda meski aromanya agak kurang sedap di hidung. Cara memanfaatkan cuka putih untuk membersihan kasur pun hampir mirip dengan menggunakan cairan pembersih.

Langkah-langkahnya: masukkan cuka putih ke dalam seprai. Kemudian semportkan ke permukaan yang kotor hingga menjadi lembab. Kemudian lap kering dengan handuk dan keringkan dengan udara.

Ingin memiliki hunian pada kawasan yang berudara sejuk dan menyegarkan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.