Sukses


Jadwal Harian agar Bersih-bersih Rumah Jadi Mudah

Simak jadwal bersih-bersih harian yang mudah dihapal dan bisa Anda praktekkan setiap hari ala Rumah.com berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tugas bersih-bersih rumah tentunya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik rumah. Selain membuat rumah tampak rapi dan nyaman, kebersihan juga merupakan pangkal kesehatan. Akan tetapi di tengah aktivitas yang padat dan akhir pekan yang melelahkan, rutinitas bersih-bersih ini pun kerap jadi kewajiban yang memberatkan.

(Baca juga: Tips agar Rutinitas Bersih-bersih Jadi Lebih Cepat)

Nah, untuk mengubah rutinitas ini menjadi aktivitas yang ringan dan menyenangkan, coba atur jadwal bersih-bersih setiap hari. Dan sebagai referensi Anda, simak jadwal bersih-bersih harian yang mudah dihapal dan bisa Anda praktekkan setiap hari ala Rumah.com berikut ini.

Hari Senin

Mulai awal minggu Anda dengan mengepel seluruh permukaan lantai di rumah. Ini karena akhir pekan biasanya diisi dengan acara kumpul-kumpul dengan keluarga ataupun teman. Jadi, meskipun libur beraktivitas, tapi hari Minggu biasanya terlewati dengan cepat.

Tapi jika tidak punya banyak waktu untuk mengepel seluruh sudut rumah dalam satu hari, Anda bisa ‘menyicil’ pekerjaan untuk beberapa area yang sering dilalui. Seperti foyer, anak tangga, ruang tamu/komunal, kamar tidur, dan dapur.

Hari Selasa

Hari Selasa, waktunya membersihkan kamar mandi. Siapkan peralatan seperti sarung tangan plastik, cairan pembersih dan sikat toilet. Ini mungkin akan menjadi hari yang menyebalkan untuk Anda. Tapi ingatlah, pekerjaan yang menghabiskan waktu kurang dari satu jam ini akan membuat kamar mandi bisa tampak bersih dan berkilau sepanjang minggu.

Lakukan beberapa kegiatan seperti: menggosok kloset, membersihkan bak mandi dan shower, lap wastafel, dan mengganti handuk mandi.

Hari Rabu

Rabu menjadi hari yang tepat untuk menghilangkan debu dan kotoran bandel yang menempel pada setiap sudut rumah. Gunakan kemoceng untuk mengusir debu di atas permukaan benda-benda elektronik seperti microwave, meja dapur, televisi, kaca, permukaan kulkas, kompor, telepon, lampu meja, dan lain sebagainya.

Sementara untuk kotoran membandel di teras rumah dan dapur, gunakan lap mikrofiber dan cairan pembersih.

Hari Kamis

Bereskan semua benda yang bikin rumah Anda berantakan di hari Kamis. Mulai dari tumpukan baju di kamar tidur, sepatu yang berserakan di rak, sampai dengan tumpukan kertas, amplop, majalah dan koran di meja tamu.

Rapikan semua benda dan pindahkan di tempat yang semestinya. Dengan menata benda sesuai dengan fungsi dan tempatnya, maka Anda tak akan kesulitan mencari benda tersebut ketika dibutuhkan.

Hari Jumat

Jumat adalah hari yang ditunggu-tunggu karena esoknya adalah liburan akhir pekan. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, lakukan kegiatan laundry di hari Jumat. Mulai dari menyuci baju di pagi hari, sampai dengan mengangkat jemuran dan melipatnya di sore hari setelah pulang beraktivitas.

Tips: Masukkan baju di mesin cuci ketika hari masih Subuh. Kemudian jemur sebelum berangkat ke kantor. Anda bisa menyetrika tumpukan baju di akhir pekan atau pada malam hari jika tidak terlalu letih.

Hari Sabtu

Nah, setelah berinvestasi melakukan tugas bersih-bersih sepanjang minggu, maka Sabtu menjadi hari yang tenang untuk Anda beristirahat. Anda cukup menyapu dan menata kembali jika ada barang yang berantakan.

Hari Minggu

Di hari Minggu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk bepergian bersama keluarga atau melakukan aktivitas sosial lainnya. Setrika pakaian jika ada yang harus diselesaikan, atau cukup beristirahat sepanjang hari.

Tertarik memiliki hunian dengan DP dan cicilan bulanan yang ringan di kantong? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini