Sukses


Awas Keliru, Ini Panduan Bikin Ruang Makan Bergaya Industrial

Gaya industrial terkesan maskulin, karena menonjolkan tekstur-tekstur keras, dan umumnya didominasi warna monokrom atau gelap.

Liputan6.com, Jakarta Gaya desain interior industrial tengah diminati. Gaya industrial awalnya muncul dan populer di Eropa karena banyaknya bangunan bekas pabrik yang tak digunakan. Kemudian bangunan-bangunan tersebut direnovasi kembali tanpa menghilangkan karkter asli bangunan agar layak huni.

Kini, gaya desain industrial menjadi salah satu yang populer diterapkan pada hunian modern. Bahkan, banyak pula restoran atau gedung perkantoran yang menerapkan desain industrial.

Gaya industrial memang terkesan maskulin, karena menonjolkan tekstur-tekstur keras, dan umumnya didominasi warna monokrom atau gelap. Jika Anda tertarik untuk memberikan sentuhan gaya industrial pada hunian, ruang makan bisa menjadi alternatif yang dapat dipilih.

Dikutip dari Rumah.com, berikut beberpa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengubah ruang makan di rumah menjadi bergaya industrial.

Sentuhan Bata Ekspos atau Beton

Gunakan desain batu bata ekspos atau beton pada bagian dinding. Batu bata ekspos atau material beton umum digunakan untuk bangunan-bangunan pabrik tua. Sifatnya kuat dan tahan lama.

Biasanya bagian ini dibiarkan tanpa finishing sehingga menambah kuat kesan industrial yang ingin ditampilkan. Material beton juga dapat diimplementasikan untuk lantai.

Bata ekspos seolah jadi syarat utama gaya industrial.

Meja Makan Kayu

Pilih meja makan berbahan kayu. Anda bisa memilih meja dengan kayu seluruhnya atau meja kayu dengan kaki besi untuk menonjolkan kesan industrial.

Anda bisa memilih jenis kayu keras, seperti kayu mahoni, oak, jati, magnolia, cherry, maple, atau walnut.

Meja makan kayu, terutama tanpa finishing, memperkental nuansa industrial.

Kursi Vintage

Anda bisa melengkapi area meja makan dengan kursi bergaya vintage. Anda bisa memilih material seperti besi atau kayu atau kombinasi keduanya.

Jika ingin memunculkan tampilan industrial yang lebih modern Anda dapat memilih bentuk kursi modern dengan kaki besi yang banyak dijual di toko furnitur. Pilih warna kursi sesuai dengan tema ruang.

Ornamen besi juga menjadi syarat wajib untuk desain interior industrial.

(Simak juga: Menerka Kepribadian Seseorang Lewat Pemilihan Desain Interior)

Lampu Gantung

Gaya industrial umumnya juga mengekspos lampu-lampu gantung. Yang Anda perlukan bukan lampu gantung biasa, melainkan lampu gantung ala industri. Biasanya berupa lampu bohlam yang digantung dengan kabel panjang mendekati meja.

Pilih bohlam dengan bentuk vintage, saat ini sudah banyak dijual bentuk bohlam unik. Biarkan bohlam-bohlam tanpa kap lampu. Anda boleh menggantug lebih dari satu bohlam untuk pencahayaan di ruang makan ini.

Gunakan lampu gantung dengan desain yang simple serta kabel yang menjuntai.

Elemen tambahan

Untuk menambah kesan industrial, Anda bisa menambahkan beberapa ornamen, seperti barang-barang daur ulang di sekitar ruang makan.

Dapat juga menghias ruang dengan elemen-elemen industrial seperti pipa-pipa besi pada bagian langit-langit atau pada bagian dinding. Dapat juga menambahkan rak penyimpanan bermaterial kayu di area ruang makan.

Barang-barang dengan look daur ulang, seperti box dan pipa besi bekas akan menyempurnakan gaya industrial di ruang makan.

Yang menarik dari desain industrial ini adalah fokusnya pada material, sementara bentuk perabotannya relatif simple, membuat desain ini bisa diterapkan di rumah berukuran kecil sekalipun. Tertarik memiliki rumah dua kamar tidur dengan harga mulai Rp300 Jutaan? Temukan pilihannya di sini!

Foto utama: RumahCom/Getty Images

Foto: ideaonline.com, orchidlagoon.com, pinterest.com, ronikordis.com, amazonaws.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.