Sukses


Untung Rugi Memasang Karpet pada Anak Tangga

Simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu Anda mengambil keputusan saat akan memasang karpet pada anak tangga berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membeli karpet untuk rumah, Anda mungkin akan ditawari karpet untuk melapisi anak tangga oleh pramuniaga. Tampilan karpet yang yang atraktif dan permukaan karpet yang halus dipijak memang membuat hunian Anda terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melapisi tangga dengan karpet. Apalagi memasang karpet karpet di anak tangga sedikit lebih sulit ketimbang di lantai datar. Anda pun harus memastikan lapisan karpet merekat erat pada lantai. Ini karena risiko kecelakaan akibat tergelincir cukup besar apabila salah menempelkan karpet.

(Baca juga: Karpet Cantik untuk Tangga di Rumah)

Seperti yang dikutip dari Rumah.com, simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu Anda mengambil keputusan ketika memasang karpet di anak tangga berikut ini.

  • Jika tangga Anda terbuat dari bahan kayu yang bagus dan kokoh, maka memasang karpet malah bisa merusak permukaan kayu. Hal ini karena Anda harus memaku setiap sudut anak tangga untuk memastikan karpet terpasang kuat. Akibatnya, kayu Anda akan berlubang dan merusak strukturnya.
  • Meskipun ada beberapa karpet yang memiliki permukaan kasar, namun anak tangga yang dilapisi karpet justru berpotensi membuat penghuni rumah terjatuh. Alasannya karena bagian ujung tangga yang tajam justru menjadi tumpul karena tertutup oleh karpet. Dengan demikian telapak kaki kesulitan membedakan bagian ujung anak tangga. Namun, jatuh dari anak tangga yang dipasang karpet memang terasa lebih lembut ketimbang yang tidak terlapis.
  • Tangga yang dilapisi karpet tentu membutuhkan perawatan yang lebih besar. Mulai dari pembersihan, Anda harus menggunakan penyedot debu yang dipegang tangan dan membersihkan hingga ke setiap sudut sempitnya.
Anda bisa menggunakan teknik ‘air terjun’ untuk memasang karpet, yaitu dengan menjuntai kain karpet dari atas ke ujung anak tangga.

Selain beberapa kekurangan di atas, memasang karpet di anak tangga juga memberi beberapa manfaat tersendiri. Misalnya:

  • Jika Anda terganggu dengan suara derap kaki ketika naik turun tangga, maka lapisan karpet bisa memberi manfaat yang signifikan. Penggunaan karpet untuk meredam suara telah banyak diaplikasikan untuk rumah yang bising atau memiliki banyak jumlah anggota keluarga.
  • Melapisi anak tangga dengan karpet tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa menggunakan teknik ‘air terjun, yaitu dengan menjuntai kain karpet dari atas ke ujung anak tangga. Kemudian, Anda bisa mulai memaku atau mengelem bagian bawah karpet agar merekat kuat. Namun tidak semua jenis karpet bisa dipasang menggunakan metode ini.
  • Memasang karpet pada anak tangga tidak memerlukan waktu cukup lama. Untuk mereka yang sudah ahli, setidaknya hanya butuh dua menit untuk satu anak tangga.
  • Anda perlu memasang karpet jika di rumah Anda terbilang cukup bising. Misalnya dekat dari jalan raya, jalan yang ramai, atau jika banyak anak-anak yang tinggal. Sementara itu, pilihan motif karpet yang cantik bisa membuat tangga Anda tampil berbeda dan menyegarkan interior rumah.

Berminat memiliki rumah dengan kisaran harga sekitar Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan rumahnya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini