Sukses


Mertua Pindah ke Rumah Anda? Ini Solusinya!

Tinggal dengan mertua tak selamanya menyengsarakan. Mertua bisa menjadi partner dalam mengerjakan pekerjaa rumah.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya apakah Anda betah tinggal bersama mertua, mayoritas dari Anda tentu menjawab tidak. Tapi lain ceritanya jika mertua yang ikut tinggal dengan Anda.

Kali ini Anda yang menjadi tuan rumahnya. Masalahnya, Anda pun harus menciptakan suasana rumah yang nyaman bagi mertua Anda.

Tinggal dengan mertua tak selamanya menyengsarakan. Jika Anda punya hubungan yang baik, mertua bisa menjadi partner dalam mengerjakan pekerjaa rumah. Yuk, agar Anda dan mertua sama-sama nyaman, lakukan cara ini di rumah.

Ada jarak antarkamar

Jangan mengatur kamar mertua terlalu berdekatan bahkan bersebelahan dengan kamar Anda. Selain dia bisa mendengar pembicaraan Anda (ups!), Anda pun akan merasa selalu diperhatikan mertua.

Buatlah paviliun khusus untuk mertua, atau jika tidak, tempatkan kamar tidur Anda dan kamar tidur mertua di lantai yang berbeda.

(Simak juga: Trik Aman Bercinta di Rumah Mertua)

Buatlah area khusus untuk mertua

Ada kalanya Anda ingin menyendiri di rumah. Yang dimaksud area khusus adalah memisahkan area untuk kegiatan pribadi Anda dengan kegiatan mertua. Misalnya, Anda bisa membuat dua ruang keluarga, satu di lantai atas, satu di lantai bawah.

Anda juga bisa membuat area santai, misalnya gazebo, di halaman belakang. Jadi, jika mertua sedang menonton televisi di ruang tengah, Anda bisa menyendiri di area belakang.

Pilih kamar dengan jendela besar untuk mertua

Pilihlah kamar yang jendelanya menghadap langsung ke halaman rumah sebagai kamar untuk mertua Anda.

Mereka butuh menghirup udara segar sekaligus melihat tanaman hijau untuk menentramkan pikirannya. Jika pikiran mereka damai, mereka tak akan sempat berselisih dengan Anda.

Hias dinding dengan foto

Percayalah, foto dari era masa lalu, terutama yang bergaya retro atau monokrom akan sangat menarik jika menjadi pengisi dinding rumah Anda.

Melihat momen di masa lalu akan membuat Anda, pasangan, hingga mertua menjadi bahagia dan tersenyum saat menatapnya. Letakkan foto-foto ini juga di area pajangan, seperti rak dinding atau di atas meja pajangan.

Jauhkan dari kamar anak

Sebaiknya, kamar Andalah yang berdekatan dengan kamar anak bukan kamar mertua. Anak kecil cenderun senang berlari dan membuka pintu sesukanya. Aktivitas anak Anda bisa mengagetkan orang tua.

Ingin mencari hunian baru yang lebih luas, agar privasi tidak terganggu meski tinggal dengan mertua? Lihat puluhan pilihannya dengan harga mulai Rp500 Jutaan di sini.

Sumber: Rumah.com

Foto: RumahCom/Getty Images

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.