Sukses


Tips Agar Rumah Tetap Maskulin Meski Pakai Warna Pastel

Karena warnanya yang cenderung feminim, pria cenderung menghindari warna pastel. Ini solusinya.

Liputan6.com, Jakarta Warna pastel saat ini tengah menjadi tren dekorasi interior. Sayangnya, karena cenderung lembut dan identik dengan warna feminim, warna-warna pastel banyak digunakan sebatas pada rumah-rumah berkonsep shabby chic, skandinavian, dan sebagainya.

Banyak orang tak mengetahui bahwa warna pastel juga dapat menghadirkan kesan maskulin, loh. Asalkan kita mengetahui triknya. Dikutp dari Rumah.com, berikut ini beberapa tips mengaplikasikan warna pastel pada interior tanpa harus berkesan feminin.

Padukan dengan cokelat

Warna cokelat yang netral dapat menyeimbangkan kesan lembut dari warna pastel tanpa membuatnya terlihat dominan. Warna cokelat juga dapat menambah kesan tegas dari warna pastel. Jika Anda memiliki perabot berwarna pastel, Anda bisa menyeimbangkannya dengan penggunaan lantai parket, furnitur kayu, dan aksen cokelat lain.

Warna coklat bisa menambah ketegasan yang kurang muncul dari warna pastel.

Jadikan aksen

Jika Anda menyukai warna pink, peach, atau cotton blue, tapi ragu menyematkan warna-warna tersebut pada dekorasi ruang karena takut terlalu feminin, kini tak perlu ragu lagi.

Anda bisa menyiasatinya dengan menjadikan warna-warna tersebut sebatas aksen. Meski disandingkan dengan warna yang lebih gelap, warna pastel akan tetap hidup.

Warna pastel juga bisa menjadi penyeimbang saat digunakan pada aksen.

(Simak juga: Tips Membuat Rumah Lebih Berwarna Tanpa Cat)

Padukan dengan hitam

Warna hitam dapat diandalkan untuk menghadirkan kesan maskulin. Padukan warna pastel dengan hitam pada satu ruang. Kombinasi dua warna yang kontras ini akan memberikan nuansa berbeda.

Warna hitam akan mengangkat ketegasan dari warna pastel, sedangkan warna pastel membuat hitam lebih lembut dan tak terlalu ‘misterius’. Dijamin, ruang Anda terlihat berbeda.

Warna hitam bisa 'mengaburkan' kesan feminin yang muncul dari warna pastel.

Gunakan gradasi

Warna gradasi pastel akan membuat warna pastel lebih maskulin karena terdapat warna gradasi yang lebih tua. Komposisi warna gradasi ini akan mempercantik tampilan ruang.

Dengan menggunakan gradasi yang lebih tua, kesan feminim dari warna pastel bisa berkurang.

Warna-warna pastel yang terang tapi tak mencolok jadi pilihan terbaik untuk rumah-rumah minimalis. Tertarik mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan dengan harga di bawah Rp500 Jutaan.

Foto utama: RumahCom/Getty Images

Foto: HOMEJE.COM, MYSCANDIAVIANHOME.COM, HOMEMYDESIGN.COM, OAKFURNITURELND.CO.UK, homedecortrends.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.