Sukses


Jurus Bikin Rumah Bebas Hama dan Serangga

Ada baiknya jika Anda mencegah munculnya koloni hama dan serangga di rumah. Untuk itu lakukan langkah pencegahan dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran hama dan serangga di rumah tentunya bisa mengundang virus dan penyakit yang berbahaya bagi penghuninya. Selain itu, biaya perawatan untuk mengusir hama yang sudah berkembang biak di rumah pun terbilang cukup besar.

(Baca juga: Jurus Jitu Agar Rumah Bebas Serangga)

Sebelum menyesal di kemudian hari, ada baiknya jika Anda mencegah munculnya koloni hama dan serangga di rumah Anda. Untuk itu, lakukan langkah pencegahan di setiap sudut rumah dengan beberapa cara dari Rumah.com berikut ini.

DAPUR

Batasi area makan. Buat peraturan di rumah untuk menikmati sajian makan hanya di meja makan atau di dapur. Dengan membatasi area makan maka Anda telah meminimalisir resiko tumpah atau tercecernya sisa makanan. Hal ini juga bisa mencegah munculnya hama dan serangga di ruangan lain yang ada di rumah

Bersihkan lantai setiap hari. Lakukan pembersihan rumah secara rutin, bisa dengan menyapu, mengepel atau menghisap debu. Sisa makanan yang tercecer harus segera dibersihkan agar tidak segera dikerubungi serangga. Jika terlupa membersihkan lantai satu hari saja maka kerumunan serangga bisa mengotori lantai Anda.

Lap air yang tumpah dengan segera. Lantai yang kotor bisa mengundang datangnya serangga, untuk itu jika ada air atau cairan lain yang tumpah ke lantai segera di lap dan dibersihkan dengan cairan pembersih. Perhatikan juga bagian kolong furnitur yang terkena tumpahan cairan.

Cuci Piring. Menumpuk cucian piring di wastafel adalah kebiasaan yang buruk. Bahkan piring yang sudah dibilas bisa mengundang serangga jika ditinggalkan dalam waktu cukup lama. Jadi pastikan setelah mencuci piring segera lap kering peralatan makan beserta area wastafelnya.

Bersihkan saluran pembuangan. Pastikan setiap saluran air yang menggenang segera dibersihkan dan dikeringkan. Banyak serangga yang datang ke rumah untuk hinggap di air. Perbaiki segera wastafel bocor dan saluran air yang bermasalah di rumah Anda.

PANTRI

Lap stoples. Setelah menggunakan botol atau stoples, pastikan untuk mengelap bersih bagian luar dan dalamnya. Sisa cairan seperti sirup, madu, minyak, dan saus kacang yang menempel pada wadah bisa menarik serangga untuk datang.

Tutup wadah dengan rapat. Serangga bisa masuk ke setiap wadah makanan, kecuali yang ditutup dengan rapat. Ganti wadah gula, tepung, sereal, dan bahan makan yang sering dibuka lainnya di wadah yang tertutup rapat dan kencang.

Perhatikan buah dan sayuran. Buah dan sayuran segar sangat bagus untuk asupan nutrisi tubuh, tetapi jika terlalu lama disimpan di pantri bisa dikerubungi serangga dan hama. Simpan dan tutup pada wadah yang rapat atau buang jika sudah tidak segar.

LEMARI

Cuci Bbersih pakaian sebelum disimpan. Pakaian kotor bisa mengundang ngengat dan serangga lain untuk hinggap. Jadi sebelum menggantung pakaian atau jaket di lemari, sebaiknya cuci sampai bersih. Meletakkan pakaian di lemari atau laci yang tertutup rapat juga bisa mencegah munculnya hama.

TEMPAT SAMPAH

Bersihkan wadah. Pastikan mencuci bersih segala wadah yang terbuat dari bahan plastik, kaca, dan besi. Gosok bersih permukaan wadah dengan sikat dan lakukan pembersihan setiap sebulan sekali.

Beri tutup setiap tempat sampah. Tempat sampah yang ditutup rapat bisa menghindari datangnya serangga dan membuat area sekitarnya terbebas dari bau tidak sedap.

Tertarik ingin memiliki rumah dengan kisaran harga Rp300 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.