Sukses


Kamar Mandi Bersih Maksimal dengan Cara ini!

Agar kamar mandi Anda tampak bersih maksimal maka Anda perlu melakukan pembersihan setidaknya sebulan sekali. Simak panduannya.

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi yang bersih dan terawat tentu akan memberi kesan yang positif bagi tamu yang berkunjung. Namun karena kondisinya yang lembab membuat ruangan ini memerlukan perawatan ekstra.

(Baca juga: Tips Ubah Kamar Mandi Agar Tampak Wah!)

Ya, sekalipun setiap hari Anda rutin membersihkannya dengan sikat dan cairan pembersih khusus, tetap saja ada noda membandel yang sulit dihilangkan di kamar mandi. Untuk itu Anda perlu melakukan pembersihan ekstra untuk lantai dan furnitur yang ada di kamar mandi. Setidaknya sebulan sekali.

Dan seperti yang dikutip dari Rumah.com, contek teknik membersihkan kamar mandi yang benar berikut ini.

Shower dan Bak Mandi

Pada permukaan shower yang mengaliri air dari selang lama kelamaan akan muncul kerak. Hilangkan kerak tersebut dengan cairan pembersih alami dan peralatan sederhana. Caranya bungkus kepala shower dengan plastik yang diisi air cuka putih. Diamkan semalam dan bilas dengan air keesokan paginya.

Sementara untuk pintu kamar mandi, Anda bisa membersihkan bekas uap dan busa sabun yang menempel menggunakan beberapa tetes campuran cuka putih dan baking soda. Diamkan satu jam dan gosok dengan lap mikrofiber. Bilas dan lap hingga kering.

Untuk bak mandi, selain menggosok permukaan bak setiap minggu, Anda perlu melakukan pembersihan ekstra. Pertama, isi dengan air panas dan kemudian kemudian dikuras. Setelah itu gunakan cairan pembersih kamar mandi dan diamkan selama 15 menit sebelum digosok dan dibilas.

Lantai dan Dinding Keramik

Permukaan lantai yang kerap kali basah dan sering diberi cairan pembersih berbahan kimia membuat nat keramik rentan kotor dan pecah. Untuk menghindari perkembangbiakan bakteri, tutup lubang nat setiap enam bulan sekali.

Sementara untuk bagian keramik yang ada di lantai dan dinding, Anda bisa menyemprotkan pembersih serbaguna. Isi bak mandi dengan air panas untuk membuat uap air bercampur dengan cairan pembersih. Biarkan selama 20 menit, kemudian lap menggunakan lap bersih atau mikrofiber. Bagian lantai juga perlu di lap setelah dinding selesai dibersihkan.

Toilet

Mulai bersihkan permukaan toilet dengan menuangkan secangkir baking soda dan diamkan beberapa menit. Setelah itu gosok dan bilas. Untuk noda membandel, Anda bisa menggosoknya dengan batu apung basah yang dipercaya bisa menghilangkan kerak.

Wastafel

Tuangkan cuka putih atau baking soda ke seluruh permukaan wastafel hingga ke dalam saringan air, kemudian bilas dengan air panas. Untuk keran air, bersihkan dengan tisu basah desinfektan yang bisa mengangkat bakteri.

Tips: Oleskan baby oil pada sabun mandi batang untuk menjaga agar sabun cuci tidak lengket pada wadahnya.

Sedang mencari hunian di area Jakarta dengan kisaran harga di bawah Rp500 jutaan? Simak aneka pilihan huniannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini