Sukses


Limpahi Rumah Anda dengan Cahaya Alami

Ada banyak cara untuk membuat rumah menjadi lebih terang dengan pencahayaan alami. Simak tips lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Interior rumah dengan pencahayaan yang cukup tentu akan membuat penghuninya nyaman. Sebaliknya, jika kurang maka akan terkesan suram. Namun, daripada menambah jumlah lampu, gunakan saja pencahayaan alami yang punya manfaat jauh lebih banyak.

Selain lebih terang, dan bebas biaya, dengan pencahayaan alami tubuh Anda pun akan lebih sehat karena hormon serotonin yang meningkat. Meski demikian, tidak semua rumah memiliki desain bangunan yang mampu menyerap cahaya alami ke dalam ruangannya.

(Baca juga: Benarkah Pencahayaan Bisa Pengaruhi Emosional dalam Rumah Tangga?)

Sebetulnya ada banyak cara untuk membuat rumah menjadi lebih terang. Misalnya dengan menambah cermin kaca atau material yang bisa memantulkan cahaya, membuka celah bangunan dengan jendela dan ventilasi, atau mengecat ruangan dengan warna cerah.

Untuk itu, simak tips selengkapnya dari Rumah.com berikut ini.

1. Lis Atap Berwarna Putih

Lis atap biasanya dibiarkan terbuka atau ditutup untuk aliran talang air. Padahal, bagian ini bisa memantulkan cahaya alami ke dalam rumah Anda. Mengecatnya dengan warna putih maka dapat membuat setiap ruangan di rumah Anda jadi terasa lebih terang karena pantulan cahaya matahari yang masuk lewat jendela.

2. Pilih Warna Cat Cerah untuk Dinding dan Plafon

Warna dinding yang paling bagus untuk interior adalah yang mampu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Nilai pantulan cahaya untuk warna putih memiliki nilai 100%, sementara warna hitam 0%. Tidak heran jika warna putih paling sering dipilih untuk mengecat dinding ruangan.

Namun jika Anda bosan dengan warna putih, bisa saja memadukannya dengan warna cerah lainnya. Sementara untuk plafon, pastikan hanya memilih warna putih. Walaupun warna lain seperti ungu atau hijau nampak menarik namun efisiensi pantulan cahayanya sangat kecil.

3. Maksimalkan Cat Dinding dengan Cat Berkilap

Semakin tinggi level kilap pada permukaan cat maka akan semakin tinggi pula kekuatan pantulan cahayanya. Dengan memilih cat berjenis finishing glossy ketimbang matte, maka ruangan Anda bisa tampak lebih terang. Ini karena efek cermin yang ditimbulkan dari permukaan berkilap.

Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan cat kilap untuk setiap ruangan di dalam rumah. Pilih saja satu tingkat kilap pada cat yang Anda gunakan sekarang. Jika Anda menyukai permukaan matte, maka pilihlah yang semi-kilap.

4. Pilih Keramik Kaca Pada Dapur atau Dinding Kamar Mandi

Keramik kaca menjadi salah satu elemen penting ketika hendak mendekorasi dinding kamar mandi atau dapur. Permukaannya yang mampu memantulkan cahaya hingga 100% bisa membuat ruangan Anda tampak lebih luas dan segar. Selain kaca, Anda juga bisa memilih keramik mengkilap dengan pilihan dekorasi yang beraneka ragam.

5. Pasang Jendela Atap

Jendela atap atau skylight memberi efek besar untuk menghadirkan cahaya alami ke dalam rumah. Namun sebagian orang enggan memasang skylight karena biayanya yang cukup besar. Jika ingin menghadirkan skylight yang hemat biaya, Anda bisa mengganti salah satu genteng dengan material kaca tebal.

Anda bisa meminta bantuan kontraktor atau tukang bangunan untuk memasang skylight di lokasi yang tepat.

Rumah yang cukup mendapat asupan cahaya alami dengan udara yang sejuk bisa dibilang merupakan rumah impian banyak orang. Jika Anda juga menginginkan rumah seperti ini, simak puluhan pilihannya di sini.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.