Sukses


Lakukan Trik Ini Agar Anak Doyan Makan di Rumah

Mengalah kepada keinginan anak dengan mengajaknya makan di luar hanya agar ia mau makan bukanlah hal yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Paling kesal, kan, jika anak Anda susah banget diminta makan di rumah. Dia seakan menutup mulutnya rapat-rapat. Namun, begitu diajak berkeliling mall, anak Anda akan semangat dan mau untuk makan di resto.

Mengalah kepada keinginan anak dengan mengajaknya makan di luar hanya agar ia mau makan bukanlah hal yang baik. Selain menghabiskan uang, anak-anak akan memiliki kebiasaan buruk, yakni enggan makan di rumah.

Padahal, makan bersama di rumah adalah salah satu bentuk sosialisasi bersama keluarga yang paling sederhana dan hangat.

Penyebab anak tak mau makan di rumah bukan hanya karena menu, melainkan bisa juga karena dekorasi ruang makan. Untuk menghadirkan nafsu makan anak Anda, cobalah membuat dekorasi seperti dilansir Rumah.com berikut ini.

Tambahkan warna cerah

Warna cerah seperti merah dan kuning memberi efek psikologis menambah nafsu makan.

 Ruang makan yang hanya dominan putih akan membuat si kecil bosan dan tak berselera dengan makanan yang terhidang di meja. Cobalah tambahkan sentuhan warna kuning atau merah, boleh juga oranye pada ruang makan Anda.

Warna-warna ini dipercaya meningkatkan nafsu makan dan semangat seseorang. Wujudkan dalam dinding, alat makan, atau furnitur ruang makan.

Kursi nyaman

Bisa jadi, anak Anda tak betah karena kursinya kurang nyaman.

Jangan tetapkan aturan makan yang kaku di ruang makan. Aturlah agar anak bisa makan dengan santai dan tak merasa dipaksa. Salah satunya dengan meletakkan kursi makan yang nyaman.

Misalnya, dengan menambahkan bantal agar si kecil bisa duduk dengan santai, atau tambahkan jok kursi yang empuk.

Makan di luar ruangan

Meski hanya di halaman belakang, makan di luar ruangan bisa membuat suasana jadi lebih seru.

Makan di lokasi outdoor jauh lebih menyenangkan karena pandangan anak yang menjadi tak terbatas pada sudut ruang. Segarnya udara di luar ruangan juga membuatnya lebih rileks dan seakan tengah menikmati hidangan piknik.

Sesekali ajaklah si kecil makan di luar ruangan, misalnya dengan menempatkan meja makan di area teras rumah.

(Simak juga: Tips Desain Kamar Mandi Ramah Anak)

Buka jendela

Tanpa jendela, suasana meja makan terasa sumpek, membuat anak Anda tak betah.

Satu lagi kesalahan mayoritas pemilik rumah dalam mengatur ruang makan adalah menempatkannya di bagian belakang sehingga tidak tersedia jendela. Padahal, jika ada jendela besar di dekat ruang makan Anda, sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Letakkan pula tanaman di dekat jendela agar suasana menjadi lebih segar. Melihat ruang makan yang segar dan lapang, anak akan lebih tertarik untuk menikmati hidangannya di rumah.

Agar lebih seru, makanlah bersama dan ceritakan tentang manfaat makanan yang dihidangkan bagi pertumbuhan tubuhnya.

Sedang mencari rumah baru yang muat untuk keluarga dan si kecil? Intip puluhan rumah baru dengan harga di bawah Rp500 Jutaan di sini!

Foto utama: RumahCom/Getty Images

Foto ilustrasi artikel: distrohome.com, lindaberner.com, Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini