Sukses

Mesin Cuci Pun Harus 'Dicuci'!

Liputan6.com, Jakarta Mesin cuci bisa jadi merupakan salah satu peralatan elektronik rumahtangga yang sering terlupa untuk dibersihkan. Sebagian orang mungkin berasumsi bahwa karena fungsinya untuk mencuci (pakaian) maka mesin cuci pun bisa membersihkan dirinya secara otomatis.

Padahal kenyataannya, jamur dan kotoran yang keluar dari pakaian kita saat dicuci bisa menempel pada bagian dalam mesin cuci. Jadi, sangat penting untuk membersihkan mesin cuci Anda sebulan sekali sehingga dapat menjaga mesin beroperasi dengan baik dan mampu membersihkan pakaian dengan maksimal.

(Baca juga: Begini Cara Buat Ruang Cuci Jemur Minimalis)

Sebelum memulai proses pembersihan, siapkan beberapa peralatan yang diperlukan: Dua cangkir cuka, botol sprai yang terisi cuka sampai penuh, sikat gigi, spons, dan air hangat satu ember.

Dan berikut ini adalah langkah mudah ala Rumah.com untuk ‘mencuci’ mesin cuci tutup atas dengan menggunakan bahan alami yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibersihkan. Namun sebelum memulai proses pembersihan, siapkan beberapa peralatan yang diperlukan: Dua cangkir cuka, botol sprai yang terisi cuka sampai penuh, sikat gigi, spons, dan air hangat satu ember.

Bersihkan pula bagian atasnya hingga merata.

Langkah pertama. Semprotkan cairan pembersih cuka yang ada di dalam botol sprai ke dalam mesin cuci dan sela-sela di sekitarnya. Bersihkan pula bagian atasnya hingga merata.

Lap di antara sela-sela tutup mesin cuci sampai ke bagian dalam dan permukaan stainless steel-nya.

Langkah kedua, Gunakan spons untuk mengelap seluruh permukaan mesin cuci. Dimulai dari bagian atas mesin cuci, lap di antara sela-sela tutup mesin cuci sampai ke bagian dalam dan permukaan stainless steel-nya.

Langkah ketiga, Untuk menjangkau area yang sempit, gunakan sikat gigi untuk menyikat noda dan kotoran yang menempel. Sikat gigi juga bisa membersihkan kotoran yang lengket seperti bekas cairan pelembut pakaian.

Langkah keempat, Lepas wadah cairan pelembut pakaian dan bersihkan. Jika Anda sering menggunakan pelembut pakaian, maka wadah ini perlu dibersihkan karena sifat cairan pelembut yang cenderung lengket dan bisa berkerak.

Langkah kelima, Bilas seluruh permukaan yang dibersihkan menggunakan air. Siapkan seember air hangat untuk membilas seluruh permukaan yang sudah disikat menggunakan spons dan sikat gigi. Langkah ini penting untuk mengangkat kotoran secara cepat sebelum kembali mengering.

Langkah keenam, Tuangkan dua cangkir cuka ke dalam mesin cuci. Cuka berfungsi untuk membersihkan dan mensterilkan jamur dan bau apek di dalam mesin cuci yang tidak bisa terjangkau tangan untuk dibersihkan.

Langkah Ketujuh, Nyalakan mesin cuci dengan metode pencucian reguler dan menggunakan air panas. Sementara cuka dan air bersih belum dikeluarkan dari mesin, Anda bisa mengakhiri proses pembersihan dengan mengoperasikan mesin cuci secara normal. Jika sudah selesai maka mesin cuci Anda siap digunakan.

Anda sedang mencari hunian dengan kisaran harga di bawah Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua