Sukses

Panduan Seputar Lampu Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta Lampu tidur umumnya memiliki cahaya yang lebih lembut serta pancaran sinar yang tidak terlalu terang. Tidak hanya sebagai penghias kamar tidur, lampu tidur juga berfungsi untuk menciptakan suasana agar lebih rileks sehingga lebih nyaman saat beristirahat.

(Baca juga: Jenis Lampu Plafon untuk Rumah Minimalis)

Namun memilih lampu yang tepat bisa jadi akan sedikit menyulitkan, terutama bila luas ruangan yang dimiliki terbatas. Untuk memilih lampu tidur yang tepat, simak inspirasi dari Rumah.com berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Kamar

Sebelum membeli lampu, ketahui dengan pasti berapa ukuran kamar tidur Anda. Tidak hanya panjang dan lebarnya tetapi juga tinggi ruangannya. Jika perlu, foto kamar tidur dan perkirakan dimana Anda akan meletakkan lampu tidur tersebut.

Bawa foto beserta ukuran kamar tadi ke toko lampu. Para konsultan di toko tersebut bisa membantu Anda memilih lampu yang tepat.

2. Pilih Jenis Lampu Sesuai Fungsinya

Tentukan bagian di dalam kamar yang ingin Anda pasangi lampu agar bisa menentukan lokasi yang tepat. Contohnya tempat untuk Anda membaca buku yang akan membutuhkan cahaya langsung, tempat duduk di dalam kamar tidur yang membutuhkan pencahayaan yang lebih lembut. Berbalik dengan meja rias yang membutuhkan cahaya yang sangat terang.

3. Tes Cahaya yang Dihasilkan Lampu

Sebelum memutuskan membeli lampu, Anda harus mengetesnya terlebih dahulu apakah cahaya yang dihasilkan buram atau tidak, karena jika buram akan membuat kamar tidur menjadi gelap. Jangan terbuai karena bentuknya yang unik tetapi cahaya yang dihasilkan tidak cukup.

Selalu sediakan waktu untuk mencoba berbagai lampu sebelum membawanya ke kasir.

4. Pilih Lokasi Penempatan

Panduan penempatan lampu untuk kamar tidur

Akan lebih nyaman jika Anda menempatkan lampu di tempat yang lebih rendah dengan cahaya yang lebih lembut.

Perhatikan kembali dimana Anda akan menempatkan lampu tidur, hindari memasangnya di atas ranjang karena akan membuat Anda selalu melihat ke atas ketika hendak tidur. Akan lebih nyaman jika Anda menempatkan lampu di tempat yang lebih rendah dengan cahaya yang lebih lembut.

5. Hindari Menggunakan Lampu Terlalu Banyak

Kamar tidur adalah ruangan tempat dimana Anda akan beristirahat. Jadi hindari memasang lampu di berbagai tempat karena akan menyilaukan mata serta mengurangi kenyamanan kamar tidur. Lebih baik memilih beberapa lampu dengan cahaya yang cukup serta daya listrik yang rendah.

6. Jangan Abaikan Lemari Baju

Tidak hanya kamar tidur tetapi lemari baju di dalam kamar juga membutuhkan cahaya yang cukup. Namun tetap perhatikan agar tidak menggunakan lampu terlalu dekat dengan pakaian karena hawa panas yang dihasilkan bisa merusak pakaian. Pilih lampu hemat energi yang biasanya lebih dingin, Anda bisa menaruh lampu di atas baju atau di belakang pintu lemari.

7. Optimalkan Tempat Membaca

Panduan penempatan lampu untuk kamar tidur

Pilih lampu yang cukup fleksibel agar bisa diarahkan sesuai dengan tempat Anda membaca.

Jika Anda pecinta buku, tempatkan lampu sesuai dengan tempat dimana Anda senang membaca seperti di sisi tempat tidur. Pilih lampu yang cukup fleksibel agar bisa diarahkan sesuai dengan tempat Anda membaca.

Tertarik untuk memiliki rumah dengan DP dan cicilan ringan tiap bulannya? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: elledecor.com

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua